Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106406
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSARASWATI, Taksu Prajna-
dc.date.accessioned2022-04-14T04:08:31Z-
dc.date.available2022-04-14T04:08:31Z-
dc.date.issued2022-02-05-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106406-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 April 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractRepresentasi matematis adalah ide-ide atau gagasan matematika yang diwujudkan dalam bentuk model atau bentuk pengganti yang mempermudah dalam pemecahan masalah matematika. Representasi matematis tersebut dianalisis dengan memperhatikan jawaban pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan representasi matematis siswa kelas XI dalam pemecahan masalah fungsi ditinjau tipe kepribadian sensing-intuition. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Arjasa. Subjek pada penelitian ini sebanyak 4 siswa kelas XI yaitu 2 siswa bertipe kepribadian sensing dan 2 siswa bertipe kepribadian intuition. Data dari penelitian dikumpulkan melalui metode tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis hasil tes, hasil wawancara, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan tipe kepribadian sensing mampu memenuhi semua indikator representasi matematis dalam pemecahan masalah Fungsi dengan terstruktur, namun semua itu berdasarkan apa yang telah dikenalinya dan yang telah diajarkan oleh guru. Siswa dengan tipe kepribadian intuition mampu memenuhi beberapa indikator representasi matematis dalam pemecahan masalah Fungsi dan tidak mampu menggunakan representasi verbal pada tahap menyelesaikan masalah karena siswa intuition lebih suka memecahkan masalah menggunakan caranya sendiri yang lebih singkat dan yang menurutnya paling benar, namun penyelesaian masalahnya tetap terstruktur. Siswa intuition juga mampu dalam menjelaskan berbagai representasi matematis yang telah diungkapkan dengan lancar.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectRepresentasi matematisen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectSiswa intuitionen_US
dc.titleRepresentasi Matematis Siswa Kelas XI dalam Pemecahan Masalah Fungsi ditinjau dari Tipe Kepribadian Sensing-Intuitionen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir_Taksu Prajna Saraswati.pdf
  Until 2027-04-14
Skripsi3.02 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools