Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106334
Title: Pengaruh Intensitas Menonton Film Kartun Anak-anak Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2020/2021
Authors: ANGGRAENI, Shafira Widhia
Keywords: Perilaku Prososial Anak
Anak Usia Dini
Perilaku Prososial
Perilaku Anak
Issue Date: 28-Jan-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pada usia prasekolah, anak berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Pada masa ini disebut juga dengan istilah masa keemasan di mana stimulasi seluruh aspek perkembangan anak berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Salah satunya adalah aspek perkembangan yang penting adalah perilaku sosial. Perilaku prososial merupakan salah satu komponen yang sangat signfikan dalam mengembangkan keterampilan sosial. Perilaku prososial adalah perilaku yang mencerminkan kepedulian atau perhatian dari seorang individu ke orang lain. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner awal, didapatkan bahwa sebagian besar anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan memiliki perilaku prososial yang tinggi, serta sebagian anak yang memiliki perilaku prososial juga sering melihat tayangan film kartun kategori anak-anak. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh intensitas menonton film kartun anak-anak terhadap perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan Jember tahun ajaran 2020/2021? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton film kartun anak-anak terhadap perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan Jember tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Terpadu Al Furqan Jember selama 3 minggu. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan murid yang berusia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan yang berjumlah 75 anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penelitian kausal komparatif (ex post facto) dengan menggunakan rumus independent sample t-test. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner kepada orangtua peserta didik dan metode dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t (independent sample t-test), didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,627 yang berarti lebih besar dari patokan 0,05. Maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, tidak ada pengaruh intensitas menonton film kartun terhadap perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Al Furqan Jember. Ada beberapa hal yang dapat menjelaskan hasil penelitian ini yang menyatakan bahwa intensitas menonton film kartun anak-anak tidak berperan signifikan dalam mempengaruhi perilaku prososial anak. Beberapa faktor lain tampaknya lebih mempengaruhi perilaku prososial dibandingkan dengan intensitas menonton film kartun anak-anak, seperti budaya dan sistem pendidikan sekolah dalam mengembangkan perilaku prososial anak, karena memang PAUD Terpadu Al Furqon memiliki program pembiasaan perilaku prososial yang diistilahkan sebagai perilaku “beramal”. Selain itu, beberapa kelemahan penelitian dapat mengurangi akurasi hasil, seperti alat dan teknik pengumpulan data yang berupa pengisian kuesioner dan diisi oleh orangtua, sehingga rentan terjadi subyektifitas jawaban orangtua.
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106334
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AGUS TINA FATMAWATI - 160210205081.pdf
  Until 2027-03-28
3.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools