Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106292
Title: Gambaran Implementasi Keperawatan pada Pasien dengan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Aktivitas/Latihan: Mobilisasi DI Ruang ICU oleh Mahasiswa Profesi Keperawatan
Authors: SANJAYA, Devi Paramita Luckyanti
Keywords: Implementasi Keperawatan
Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Aktivitas/Latihan
Mobilisasi Di Ruang ICU
Issue Date: 2-Feb-2022
Publisher: Fakultas Keperawatan
Abstract: Pasien yang dirawat di ICU umumnya akan mengalami kondisi tirah baring yang lama akibat indikasi perawatan intensive yang harus dijalaninya. Tirah baring dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan pasien mengalami penurunan kondisi, atrofi otot, risiko infeksi, nyeri pinggang kronis, kontraktur, dekubitus dan gangguan pembekuan darah. Akibat yang mungkin dapat terjadi pada penderita dengan penurunan kesadaran antara lain adalah kerusakan mobilitas, jalan napas yang tidak paten, sirkulasi yang bisa terganggu akibat imobilisasi serta hambatan komunikasi (Olviani 2015). Mobilisasi juga merupakan suatu kompetensi inti keperawatan serta merupakan kegiatan mandiri perawat yang wajib diberikan sebagai intervensi pemenuhan kebutuhan dasar aktifitas pasien (Klempel, et al. 2021). Mobilisasi yang diimplementasikan kepada penderita diharapkan dapat menimbulkan respon yang baik. Mahasiswa keperawatan ialah penerus profesi perawat di masa depan sehingga butuh diberikan bekal pengetahuan ataupun skill, untuk menunjang perkembangan dunia keperawatan dimasa depan (Sari, 2015). Untuk melatih tenaga kesehatan yang profesional, beberapa program pembelajaran telah dikembangkan, seperti Program Pendidikan D-III Keperawatan, Program Pendidikan Perawat, Program Magister Keperawatan, Program Pakar Keperawatan, dan Program Doktor Keperawatan (Kusnanto dalam Lydya, 2015). Efisiensi mahasiswa pofesi dapat dijadikan narasumber dalam melakukan mobilisasi pasien di ICU yaitu pendidikan Profesi Ners dilakanakan dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa melalui penyesuaian profesional, dalam bentuk pengalaman belajar di klinik dan lapangan secara komprehensif, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan professional dan mampu menerapkan konsep dan teori, melaksanakan asuhan keperawatan, mendokumentasikan seluruh proses keperawatan, serta mengelola pelayanan keperawatan (Sari et al., 2017). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran implementasi keperawatan pada pasien dengan gangguan kebutuhaan aktivitas oleh mahasiswa profesi keperawatan. Penelitian ini telah dilakukan dari 7 Januari 2022 hingga 9 Januari 2022 pada Mahasiswa Profesi UNEJ Angkatan 26. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan Teknik total sampling menggunakan instrument penelitian berisi 14 item pertanyaan. Mahasiswa keperawatan yang memahami dasar pengetahuan mengenai tindakan-tindakan yang dilakukan di tatanan klinik memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengimplementasikan tindakan tersebut. Dari hal ini, dapat diartikan bahwa pengimplementasian tindakan keperawatan dapat dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang dialami oleh mahasiswa secara langsung dalam tatanan klinik serta lingkungan pembelajaran dalam tatanan klinik. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari setengah (55,56%) mahasiswa yang pernah melakukan praktik profesi di ruangan ICU telah melakukan implementasi keperawatan pada pasien dengan gangguan pemenuhan kebutuhan aktivitas dengan baik. Dari hasil penelitian, peneliti berasumsi bahwa faktor lingkungan klinis serta faktor pada pasien dapat mempengaruhi tingkat implementasi keperawatan pada pasien di ruang ICU dengan gangguan pemenuhan kebutuhan aktivitas oleh mahasiswa profesi yang telah melaksanakan praktik di ruang ICU.
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106292
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2027-04-08
1.64 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools