Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106110
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLIBERTI, Sih-
dc.contributor.authorRATNANINGSIH, Anik-
dc.date.accessioned2022-04-04T06:10:53Z-
dc.date.available2022-04-04T06:10:53Z-
dc.date.issued2017-10-30-
dc.identifier.govdocKODEPRODI1910301#Teknik Sipil-
dc.identifier.govdocNIDN0030057003-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106110-
dc.description.abstractGedung sekolah merupakan gedung dimana proses belajar mengajar berlangsung, Sekolah Dasar atau SD adalah tingkat satuan pendidikan yang paling dasar dan terdapat hampir disetiap desa dengan tingkat kerusakan gedung sekolah yang paling tinggi dibandingkan dengan SMP ataupun SMA. Hal inilah yang mendasari tujuan penelitian dengan melakukan identifikasi kerusakan, menilai kerusakan, menentukan prioritas tingkat kerusakan, menilai tingkat risiko, merespon risiko, dan menyusun strategi penanganan risiko akibat kerusakan dominan. Metode penelitian dilakukan melalui beberapa tahap, tahap awal dengan melakukan observasi dilapangan untuk mendapatkan nilai kerusakan bangunan, melakukan penilaian kerusakan dengan memberikan index tingkat kerusakan dan menggolongkan dari tingkat kerusakan rendah,sedang, dan tinggi, menentukan peringkat risiko dengan menggunakan metode Hazard and Operability Study (HAZOP) worksheet, untuk menentukan potensi bahaya akibat kerusakan gedung sekolah sehingga dapat dilakukan pencegahan kecelakaan. Respon risiko menggunakan SWOT analysis, dan penentuan strategi berdasarkan kebijakan-kebijakan dan aturan-aturan terkait bangunan pendidikan Berdasarkan proses dari identifikasi bahaya dan tingkat risiko kerusakan yang terjadi pada gedung sekolah dasar, dapat diberikan kesimpulan berupa assesment kerusakan gedung sekolah dasar.en_US
dc.publisherKonferensi Nasional Teknik Sipil dan Infrastruktur – Ien_US
dc.subjectAsesment Kerusakan,en_US
dc.subjectGedung Sekolah,en_US
dc.subjectHAZOP,en_US
dc.subjectAnalisis Resikoen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Kerusakan Gedung Sekolah dengan Menggunakan Metode Hazard and Operability Study (Hazop)en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LSP-Conference Proceeding

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F TEKNIK_ANIK R_PROSIDING_ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN GEDUNG SEKOLAH.pdf14.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.