Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106033
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD
Authors: FATIMAH, Sasmi Nur
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING
Issue Date: 29-Mar-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pada kurikulum 2013 proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik, dalam penerapannya pendekatan saintifik mendorong guru untuk berfikir kreatif dan inovatif agar tercipta pembelajaran aktif guna mencapai tujuan pembelajaran yang dikehendaki. Salah satu cara bagi guru untuk melakukan inovasi pembelajaran adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dan tepat. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diimplementasikan dengan mengintegrasikan unsur-unsur pendekatan saintifik. Model pembelajaran PBL dapat membangun pengetahuan siswa secara mandiri, meningkatkan keterampilan dalam menyelesaikan masalah dan memberikan keterampilan hidup. Rumusan masalah penelitian ini yaitu ”apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya kelas V SD ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain Quasi Eksperimen, dengan pola Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 01 Watukebo. Subjek yang terdapat dalam penelitian yaitu semua siswa kelas V MI Muhammadiyah 01 Watukebo kelas VA (32) dan VB (31). Sebelum menetapkan kelas eksperimen dan kontrol, maka dilaksanakan uji homogenitas dengan data nilai UAS. Hasil uji homogenitas menunjukkan hasil 0,192 > 0,05. Dari hasil tersebut dinyatakan bahwa kedua kelompok adalah homogen. Selanjutnya penetapan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan menggunakan undian, terpilih kelas eksperimen dari kelas VA, dan kelas kontrol terpilih dari kelas VB. Berdasarkan hasil analisis data nilai siswa, perbedaan nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen (VA), menunjukkan selisih rata-rata nilai siswa kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan/pretest (51,65) dengan rata-rata nilai siswa sesudah diberikan perlakuan/posttest (70,12) adalah 18,46. Hasil analisis selisih rata-rata nilai siswa kelas kontrol (VB) menunjukkan nilai pre-test (47,67) dan post-test (61,09) adalah 13,41. Hasil penghitungan uji t pada SPSS versi 23, didapatkan hasil thitung 2,574, sedangkan ttabel 1,670 pada taraf signifikansi 5% dengan db=61. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,574 > 1,670, maka H0 ditolak dan Ha diterima atau ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya kelas V SD. Kemudian, hasil perhitungan keefektifan relatif menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL lebih efektif sebesar 31,66%. Berdasarkan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada kelas ekperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Saran dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan referensi terkait model pembelajaran dan evaluasi pembelajaran kepada kepala sekolah, guru dan peneliti lain.
URI: http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106033
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sasmi Nur Fatimah - 160210204134.pdf
  Until 2027-03-30
1.94 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools