Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105854
Title: | Hubungan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Motivasi Belajar dengan Metode Daring pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember Selama Pandemi Covid-19 |
Authors: | Nurfitriani Dewi, Evie |
Keywords: | Dukungan sosial keluarga Motivasi belajar Metode pembelajaran daring COVID-19 |
Issue Date: | 27-Oct-2021 |
Abstract: | Metode pembelajaran daring merupakan metode baru bagi mahasiswa keperawatan, namun dalam pengimplementasiannya terdapat beberapa kendala yang dapat menurunkan motivasi belajar. Dukungan sosial keluarga merupakan salah satu faktor ekstrinsik yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan motivasi belajar menggunakan metode pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa menggunakan metode daring pada mahasiswa Fakultas Keperawatan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan dianalisis dengan Spearman Rank. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang melibatkan 360 mahasiswa keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki dukungan sosial keluarga baik sebanyak 185 (51%) dan 187 (52%) mahasiswa memiliki motivasi belajar baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan (p value = 0,024 < 0,05), selain itu koefisien korelasi sebesar 0,119 yang berarti terdapat hubungan yang sangat lemah dan positif antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105854 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Nursing |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Evie Nurfitriani Dewi_172310101106_Skripsi Watermark.pdf Until 2027-03-08 | 2.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools