Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10511
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRovita Na’imah-
dc.date.accessioned2013-12-19T07:14:44Z-
dc.date.available2013-12-19T07:14:44Z-
dc.date.issued2013-12-19-
dc.identifier.nimNIM060210391126-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10511-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penentuan tempat penelitian ini menggunakan metode purposive yaitu tempat penelitian sudah ditentukan dengan sengaja disesuaikan dengan tujuan penelitian yakni di kelas X.2 SMA Negeri Plus Sukowono. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas X.2 sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini antara lain dengan penerapan model SAVI, kegiatan guru selama mengajar, hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model SAVI dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.2 yang ditandai dengan perolehan nilai ulangan harian pada siklus I yaitu 72,72% meningkat menjadi 87,87%. Hal ini berarti telah melebihi target pencapaian kompetensi suatu indikator yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 85%. Keterampilan siswa bersimulasi peran juga mengalami peningkatan dari 84,9% menjadi 96,96%, sehingga kriteria keterampilan simulasi siswa dapat dikatakan sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan model SAVI pada pokok bahasan bank di kelas X.2 SMA Negeri Plus Sukowono Kabupaten Jember merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391126;-
dc.subjectModel SAVI, Pelajaran Ekonomi, Bahasan Banken_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN BANK DI KELAS X.2 SMA NEGERI PLUS SUKOWONO KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf270.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools