Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10445
Title: Indeks Kepuasan Masyarakat atas Pelayanan Di Stasiun Besar Jember
Authors: Ma’rifatin Widyaningrum Aminoto
Keywords: kepuasan masyarakat, pelayanan, KA
Issue Date: 19-Dec-2013
Series/Report no.: 070910201108;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Stasiun Besar Jember dengan menggunakan Keputusan Menpan No. 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemeintah sebagai acuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tipe penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dari Bulan Mei 2012 sampai dengan Bulan Januari 2013 di Stasiun Besar Jember PT Kereta Api Indonesia DAOP 9 Jember, dengan populasi seluruh pengunjung Stasiun Besar Jember. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 150 orang dengan menggunakan teknik sampling insidental. Sedangkan penghitungan dan analisis data dari hasil kuesioner menggunakan rumus yang terdapat dalam Keputusan Menpan No. 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Berdasarkan hasil penelitian ini, nilai rata-rata tertimbang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Stasiun Besar PT KAI DAOP 9 Jember tahun 2012 dihitung secara keseluruhan adalah sebesar 2,82 dengan nilai rata-rata indeks kepuasan sebesar 2,84. Hasil nilai IKM setelah dikonversi adalah sebesar 71. Nilai tersebut berlaku untuk 150 kuesioner yang diambil dari 150 responden pada Bulan November, dan tidak berlaku untuk seluruh pengunjung Stasiun Besar Jember. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No:KEP/25/M.PAN/2/2004 mutu pelayanan Stasiun Besar PT KAI DAOP 9 Jember dalam kategori B. Dengan demikian kinerja unit pelayanan Stasiun Besar PT Kereta Api Indonesia DAOP 9 Jember adalah baik, yang berarti bahwa pelayanan yang diberikan Stasiun Besar Jember telah sesuai dengan harapan pengunjung Stasiun Besar Jember. Dengan prioritas peningkatan kualitas pelayanan pada unsur kecepatan petugas pelayanan dan kenyamanan lingkungan, karena unsur-unsur tersebut memperoleh nilai paling rendah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10445
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ma’rifatin Widyaningrum Aminoto - 070910201108_1.pdf66.93 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools