Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104432
Title: Perencanaan Penambahan Jumlah Lantai Pada Gedung Perkuliahan Fakultas Teknik Universitas Jember
Authors: Krisnamurti
Purnama Putra, Paksitya
Subagio, Hari
Keywords: Perencanaan
Issue Date: 16-Jul-2020
Publisher: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JEMBER
Abstract: Fakultas Teknik Universitas Jember tidak memiliki insfrastruktur yang memadai yaitu hanya memiliki satu gedung perkuliahan dan terus melakukan penambahan program studi yang sekaligus bertambah pula jumlah mahasiswanya. Pembangunan di area Fakultas Teknik juga masih sebatas Gedung Laboratorium, bukan gedung perkuliahan untuk kegiatan belajar mengajar. Imbas dari tidak sebandingnya jumlah gedung perkuliahan dengan penambahan mahasiswa adalah tidak tercakupinya sarana dan prasarana untuk mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini merencanakan penambahan ruang kelas pada gedung perkuliahan eksisting. Penambahan ruang kelas ini nantinya juga akan menambah jumlah lantai pada gedung eksisting tersebut. Penambahan dilakukan sejumlah 3 lantai sebagai ruang kelas dan 1 lantai atap yang direncanakan sebagai ruang pertemuan (rooftop). Perencanaan dan evaluasi dilakukan dengan cara memodelkan gedung secara 3D pada sebuah program bantu analisis struktur. Analisis dan evaluasi pada program bantu dimodelkan dengan dimensi yang sama dengan kondisi eksisting dan akan dilakukan penambahan jumlah lantai dengan dimensi sesuai perhitungan preliminari desain. Perbedaan kondisi gedung eksisting dan perencanaan adalah adanya penambahan lift sebagai sarana perpindahan antar lantai yang ditopang dengan konstruksi Dinding Geser. Perbedaan yang lain adalah pergantian konstruksi atap dari atap rangka baja menjadi konstruksi atap rooftop.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104432
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HARI SUBAGIO - 161910301089 #.pdf1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools