Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104410
Title: | Implementasi Manajemen Kelas Kelompok Bermain di PAUD Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2019/2020 |
Authors: | LATHIF, Misno A. BUDYAWATI, Luh Putu Indah AINI, Risma Dwi |
Keywords: | Manajemen Kelas Kelompok Bermain Anak Usia Dini |
Issue Date: | 3-Nov-2020 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Manajemen kelas adalah suatu usaha guru dalam melakukan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian di dalam kelas dengan tujuan untuk menciptakan suasana lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Sedangkan, kelompok bermain adalah suatu lembaga pendidikan jalur non-formal untuk anak yang berusia 2 sampai 3 tahun. Jadi, manajemen kelas kelompok bermain ialah suatu usaha guru dalam mengelola kelas kelompok bermain mulai dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Dengan tujuan untuk menciptakan kondisi lingkungan belajar mengajar di dalam kelas kelompok bermain berjalan dengan kondusif. Adapun fungsi manajemen kelas yang diimplementasikan ke dalam kelas kelompok bermain yang, meliputi perencanaan kelas, pengorganisasian kelas, kepemimpinan kelas, dan pengendalian kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimanakah implementasi manajemen kelas kelompok bermain di PAUD Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2019/2020?”. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kelas kelompok bermain di PAUD Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu di kelas kelompok bermain PAUD Terpadu Al Furqan Jember yang terletak di Jalan WR Supratman II No. 20, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci, yaitu ketua Hall B dan guru kelompok bermain PAUD Terpadu Al Furqan Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif yang melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data (Data Collection), reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Verification). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di PAUD Terpadu Al Furqan Jember terkait dengan implementasi manajemen kelas di kelompok bermain bahwa guru kelompok bermain mengimplementasikan fungsi manajemen kelas yang terdiri dari perencanaan kelas, pengorganisasian kelas, kepemimpinan kelas, dan pengendalian kelas. Perencanaan kelas dilakukan dengan mengadakan pertemuan antar guru kelompok bermain, di mana pada pertemuan tersebut guru akan saling berbagi ide dan informasi terkait pembelajaran yang akan dilakukan. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menentukan tujuan pembelajaran , metode, tindakan, serta sumber daya yang akan digunakan. Hasil dari pertemuan tersebut akan dimuat ke dalam RPPM untuk mingguan dan RPPH untuk harian. Untuk pengorganisasian kelas, guru kelompok bermain membagi tugas dan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak. Selain itu, guru juga memilih seorang anak untuk menjadi perwakilan kelas seperti memimpin teman-temannya atau kegiatan lainnya. Pemilihan tersebut dipilih melalui sistem piket, jadi setiap anak akan mendapatkan giliran untuk menjadi seorang perwakilan kelasnya. Untuk kepemimpinan kelas, guru kelompok bermain berperan menjadi seorang role model yang baik bagi anak. Maka dari itu, guru selalu menjaga tutur kata ketika berkomunikasi, menjaga sikap/perilaku serta berpakaian yang rapi dan sopan. Untuk pengendalian kelas, guru kelompok bermain selalu memegang kendali kelas agar dapat terkontrol dengan baik. Hal tersebut dilakukan dengan memberikan pijakan dan pendampingan di setiap kegiatan anak, sehingga lingkungan belajar mengajar dapat berjalan dengan kondusif. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104410 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RISMA DWI AINI - 160210205048.pdf | 2.71 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools