Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104232
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | LATIEF, Misno A | - |
dc.contributor.advisor | BUDYAWATI, Luh Putu Indah | - |
dc.contributor.author | PUTRI, Marisa Prima | - |
dc.date.accessioned | 2021-04-20T01:36:56Z | - |
dc.date.available | 2021-04-20T01:36:56Z | - |
dc.date.issued | 2020-09-17 | - |
dc.identifier.nim | NIM160210205054 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104232 | - |
dc.description.abstract | Pengembangan karier tenaga pendidik merupakan program kegiatan yang diikuti oleh tenaga pendidik untuk mempersiapkan diri menduduki jabatan yang lebih tinggi. Program pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dilaksanakan setiap tahun dengan mengadakan pelatihan kepada guru, mengikutsertakan guru dalam organisasi IGTKI sehingga dapat menambah keterampilan dan pengetahuan guru. Pelatihan di TK Darus Sholah dilakukan setiap tahun contohnya dengan mengadakan pelatihan karya tulis ilmiah yang dapat membantu guru mengembangkan karier sebagai tenaga pendidik. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai September di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data utama yaitu guru dan sumber data pendukung yaitu Kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember dengan Judul “Manajemen Pengembangan Karier Tenaga Pendidik di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember” diperoleh bahwa secara keseluruhan tahapan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah telah terealisasikan dengan baik namun terdapat beberapa tahapan dalam evaluasi manajemen pengembangan karier tenaga pendidik yang belum terealisasikan di TK Darus Sholah jika dibandingkan dengan teori supervisi dan evaluasi manajemen pengembangan karier karena terdapat beberapa hal dalam aspek supervisi yang masih belum dilaksanakan di TK Darus Sholah. Perencanaan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dilakukan pada saat awal tahun ajaran. Perencanaan dilakukan dengan mengadakan rapat intern yang diikuti oleh Kepala sekolah dan guru di TK Darus Sholah. Rapat intern membahas tentang anggaran biaya yang akan digunakan selama satu tahun ajaran, program kegiatan sekolah yang akan diikuti oleh wali murid, tenaga pendidik, dan siswa-siswi TK Darus Sholah. Pengorganisasian manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dilakukan dengan membentuk struktur organisasi sekolah. Struktur organisasi sekolah meliputi waka kurikulum, waka kesiswaan, waka perpustakaan, waka sarpras, dan waka humas. Pelaksanaan manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dengan mengikutsertakan guru dalam organisasi IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak) dan PGTKMNU (Perkumpulan Guru TK Muslimat NU). Tenaga pendidik di TK Darus Sholah sebagian besar telah memiliki sertifikat mengajar dan memiliki NUPTK. TK Darus Sholah setiap tahun mengadakan program pelatihan untuk tenaga pendidik seperti pelatihan tentang karya tulis ilmiah yang ditujukan kepada guru-guru kelompok A dan B di TK Darus Sholah. Evaluasi manajemen pengembangan karier tenaga pendidik di TK Darus Sholah dilakukan dengan mengadakan rapat evaluasi yang dilakukan di akhir semester dengan mengadakan rapat yang diikuti oleh guru di TK Darus Sholah. Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini yaitu untuk sekolah diperlukan adanya peningkatan hubungan, dukungan, dan arahan yang baik antara Kepala sekolah dengan setiap guru di TK Darus Sholah. Bagi tenaga pendidik diperlukan adanya upaya untuk mengembangkan diri dengan terus belajar dan berlatih dengan demikian pengembangan karier dapat bertambah dengan baik. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pengembangan Karier | en_US |
dc.subject | Manajemen Sumber Daya Manusia | en_US |
dc.subject | Tenaga Pendidik | en_US |
dc.subject | Pemdidik Anak Usia Dini | en_US |
dc.title | Manajemen Pengembangan Karier Tenaga Pendidik Di TK Darus Sholah Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | - |
dc.identifier.kodeprodi | 0210205 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MARISA PRIMA PUTRI - 160210205054.pdf | 4.59 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools