Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104191
Title: Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Segiempatَ Ditinjauَ Gayaَ Belajar
Authors: Sumardi
Ambarwati, Reza
NINGSIH, Egha Fitriyah
Keywords: Berpikir kreatif
Siswa
Masalah Segiempat
Gaya Belajar
Issue Date: 3-Feb-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Berpikir kreatif adalah kemampuan atau keahlian individu ketika menyelesaikan suatu masalah secara kreatif dengan metode dan strategi (divergen) yang bervariasi. Kemampuan berpikir kreatif diukur dengan menggunakan tes yang terdiri atas empat aspek berpikir kreatif yaitu fluency (berpikir lancar), flexibility (berpikir luwes), originality (orisinalitas berpikir) dan elaborasi (penguraian). Masing-masing siswa memiliki cara berpikir yang berbeda dalam mengolah informasi dan memberikan tanggapan dalam mata pelajaran matematika. Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh tipe gaya belajar yang dimiliki siswa. Gaya belajar ialah cara belajar seseorang dalam menyerap, memahami, mengatur, serta memproses ilmu pengetahuan yang telah dipelajari guna memperoleh hasil belajar secara optimal. Gaya belajar berpengaruh pada prestasi belajar siswa untuk menentukan bagaimana siswa menyerap pengetahuan. Gaya belajar dibedakan menjadi tiga tipe yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII dintinjau dari gaya belajar dalam menyelesaikan masalah segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 16-21 November 2021 di SMP Negeri 1 Genteng kelas VIII A dengan jumlah siswa adalah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket kepada seluruh siswa, selanjutnya metode tes dan metode wawancara kepada enam siswa sebagai subjek penilitian dengan ketentutan dua siswa dari setiap gaya belajar yang berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes berpikir kreatif, dan pedoman wawancara yang telah divalidasi. Berdasarkan analisis data pada keenam subjek yang telah dilakukan, berpikir kreatif siswa dari masing-masing gaya belajar berbeda-beda. Kemampuan berpikir x kreatif siswa dalam setiap gaya belajar dalam penelitian ini mampu memenuhi indikator berpikir kreatif fluency dan originality, namun tidak semua siswa mampu dalam indikator berpikir kreatif flexibility dan elaborasi. Hasil wawancara yag telah dilakukan, siswa gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif meliputi fluency, flexibility, originality, dan elaborasi. Siswa gaya belajar auditorial hanya mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif fluency, flexibility, dan originality serta fluency, flexibility, originality, dan elaborasi. Siswa gaya belajar auditorial mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif meliputi fluency, flexibility, originality, dan elaborasi. Jadi tidak semua siswa yang memiliki tipe gaya belajar yang sama mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif. Terdapat siswa gaya belajar visual dan kinestetik mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif sedangkan siswa gaya belajar auditorial hanya mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif. Begitu pula, terdapat siswa gaya belajar visual hanya mampu memenuhi dua indikator dan siswa gaya belajar kinestetik hanya mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif. Hal ini disebabkan karena pengalaman setiap siswa dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104191
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EGHA FITRIYAH NINGSIH - 170210101111.pdf8.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools