Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10419
Title: PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Sub Pokok Bahasan Pajak Siswa Kelas VIII B di SMPN 5 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011)
Authors: Adhitya Nofianto
Keywords: Pembelajaran Kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual), Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar
Issue Date: 19-Dec-2013
Series/Report no.: 070210301083;
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB semester genap SMP Negeri 5 Tanggul tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa setelah pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) . Pada siklus pertama, dari 39 siswa yang mengikuti ulangan ada 14 siswa yang masih mendapat nilai di bawah 75 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 64,1%. Sedangkan pada siklus II, dari 40 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 7 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan, berarti ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 82,5% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10419
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf237.74 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools