Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/104073
Title: Tindak Tutur Asertif Dalam Interaksi Jual Beli DI Pasar Bondowoso Dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Teks Negosiasi DI SMA
Authors: Muji
Parto
Rini, Ilsa Oktavia
Keywords: Interaksi Jual Beli
Issue Date: 6-Nov-2020
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Komunikasi merupakan kegiatan sosial yang dapat terjadi di mana saja, misalnya di rumah, di kantor, di sekolah, di kampus, di toko, dan di pasar. Pasar merupakan salah satu tempat bertemuya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli baik produk barang maupun jasa. Pada saat berlangsungnya suatu proses jual beli, tentunya banyak ditemukan tuturan-tuturan yang telah dilakukan oleh penjual dan pembeli. Salah satunya yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu tindak tutur asertif. Jenis tindak tutur asertif yang ditemukam antara lain tuturan menyatakan, memberitahukan, menyarankan, membanggakan, mengeluh, dan menunjukkan. Macam jenis tindak tutur asertif tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam peristiwa jual beli di pasar. Penelitian ini mendeskripsikan (1) wujud tindak tutur asertif dalam interaksi jual beli di pasar Bondowoso; (2) fungsi tindak tutur asertif dalam interaksi jual beli di pasar Bondowoso; (3) implikatur dalam tuturan tindak tutur asertif dalam interaksi jual beli di pasar Bondowoso; (4) pemanfaatan tindak tutur asertif dalam interaksi jual beli di pasar Bondowoso sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini memiliki kaitan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 salah satunya materi teks negosiasi yang diajarkan di kelas X. Tujuan dari pembelajaran ini yaitu agar siswa memperoleh pengalaman langsung dan memperoleh keterampilan dalam berbahasa. Aktivitas jual beli yang terjadi di pasar Bondowoso dapat diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi teks negosiasi. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh proses pembelajaran yang terjadi di sekolah tersebut.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104073
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ilsa Oktavia Rini - 160210402010 Sdh.pdf1.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools