Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10404
Title: | WACANA ARGUMENTASI DALAM RUBRIK ”OPINI” PADA SURAT KABAR HARIAN ”JAWA POS” DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS DI SMA |
Authors: | Winarti |
Keywords: | Opini, Jawa Pos, Pembelajaran Membaca Kritis |
Issue Date: | 19-Dec-2013 |
Series/Report no.: | 070210402096; |
Abstract: | Hasil dan kesimpulan penelitian ini yaitu: Pertama, struktur wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos terdiri atas pendahuluan, argumen, dan penegasan. Bagian pendahuluan, penulis menunjukkan (a) betapa pentingnya topik argumentasi, ketepatan waktu, dan bagaimana kedudukannya di antara masalah-masalah lainnya; dan (b) menjelaskan latar belakang historis argumentasinya. Bagian argumen menggunakan proses penalaran definisi, sebab akibat, perbandingan, dan analogi. Bagian penegasan, penulis menegaskan pokok-pokok penting argumen. Kedua, proposisi wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos menunjukkan: 1) implikatur didasarkan pada (a) sumbangan informasi sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman pembaca, dan (b) sumbangan informasi sesuai dengan tingkat penerimaan pembaca; 2) inferensi dalam wacana tersebut dapat ditafsirkan dengan menggunakan (a) prinsip analogi, dan (b) prinsip penafsiran lokal; serta 3) referensi yang digunakan mengacu pada (a) referensi personal, (b) referensi demonstratif, dan (c) referensi komparatif. Ketiga, wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran membaca kritis di SMA kelas XII semester 1. Pemanfaatan tersebut pada standar kompetensi “3. Memahami artikel dan teks pidato” dengan kompetensi dasar “3.1. Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif”. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat diberikan saran: 1) bagi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai alternatif materi pembelajaran membaca kritis di SMA serta dapat dijadikan sebagai referensi dalam menambah pengetahuan tentang wacana; dan 2) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan dan masukan untuk melakukan penelitian lanjutan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10404 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Winarti_1.pdf | 325.15 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools