Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10401
Title: | PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN KAWANGREJO 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012 |
Authors: | Fitricia Dian Rifanti |
Keywords: | Penerapan PAIKEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012; Fitricia Dian Rifanti, 070210204117; 2012; |
Issue Date: | 19-Dec-2013 |
Series/Report no.: | IM 070210204117; |
Abstract: | Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember melalui penerapan PAIKEM mengalami peningkatan. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran. Sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran siswa yang tergolong tuntas hanya siswa dengan nilai rata-rata. Pada siklus I, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 13 siswa yaitu sebesar 61,9% dari total keseluruhan dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 69,3 atau belum mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan yaitu >70 sehingga perlu diadakan perbaikan pada siklus berikutnya khususnya kemampuan menulis narasi siswa. Menurut analisis pada siklus II, hasil belajar sebesar 86,4% siswa yang tuntas dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 79,1 atau lebih mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan yaitu >70 sehingga pembelajaran dihentikan pada siklus II siswa yang tergolong tuntas berjumlah siswa dengan nilai rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran mata pelajaran lain aspek menulis bisa menggunakan penerapan PAIKEM karena |
Description: | x |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10401 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Fitricia Dian Rifanti - 070210204117_1.pdf | 449.37 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools