Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10401
Title: PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN KAWANGREJO 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Authors: Fitricia Dian Rifanti
Keywords: Penerapan PAIKEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012; Fitricia Dian Rifanti, 070210204117; 2012;
Issue Date: 19-Dec-2013
Series/Report no.: IM 070210204117;
Abstract: Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN Kawangrejo 1 Jember melalui penerapan PAIKEM mengalami peningkatan. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran. Sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran siswa yang tergolong tuntas hanya siswa dengan nilai rata-rata. Pada siklus I, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 13 siswa yaitu sebesar 61,9% dari total keseluruhan dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 69,3 atau belum mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan yaitu >70 sehingga perlu diadakan perbaikan pada siklus berikutnya khususnya kemampuan menulis narasi siswa. Menurut analisis pada siklus II, hasil belajar sebesar 86,4% siswa yang tuntas dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 79,1 atau lebih mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan yaitu >70 sehingga pembelajaran dihentikan pada siklus II siswa yang tergolong tuntas berjumlah siswa dengan nilai rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran mata pelajaran lain aspek menulis bisa menggunakan penerapan PAIKEM karena
Description: x
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10401
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fitricia Dian Rifanti - 070210204117_1.pdf449.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools