Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103961
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SULTHON M. | - |
dc.contributor.advisor | SAPUTRI, Senny Weyara D. | - |
dc.contributor.author | JATI, Raden Roro Ardhati Tayang | - |
dc.date.accessioned | 2021-04-07T04:21:40Z | - |
dc.date.available | 2021-04-07T04:21:40Z | - |
dc.date.issued | 2020-12-15 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103961 | - |
dc.description.abstract | Bermain peran merupakan salah satu metode atau cara yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Bermain peran mengajarkan anak dalam bagaimana mengambil sebuah keputusan dan dan mempelajari berbagai macam watak dan karakter sehingga anak mampu membedakan watak dan karakter yang baik dan watak dan karakter yang buruk sehingga anak tahu watak dan karakter mana yang harus dia contoh dan ditiru anak. Hal ini berkaitan dengan metode yang juga dilakukan di TK Cut Nyak Dien Kabupaten Jember ini dimana dalam mengembangkan kemampuan sosial anak guru di TK ini melakukan metode bermain bermain peran seperti dokter dokteran, koko, pasar-pasaran (jual beli), petani, ular tangga yang sebelumnya telah disiapkan oleh guru.Guru di TK Cut Nyak Dien Kabupaten Jember ini hanya bertugas mengawasi dan mendampingi anak dalam bermain peran yang sebelumnya telah guru telah memberikan arahan dan kebebasan kepada anak dalam memilih peran yang anak inginkan sesuai dengan tema bermain peran saat itu. Meskipun anak telah memilih peran yang mereka inginkan, tetap saja guru yang menentukan peran yang paling tepat untuk anak karena guru juga melihat kemampuan anak. Setelah anak selesai melakukan kegiatan bermain peran, guru melakukan evaluasi berupa tanya jawab kepada anak mengenai perasaan yang mereka rasakan setelah melakukan kegiatan bermain peran dan apa saja yang mereka pelajari saat kegiatan bermain peran berlangsung misalnya pesan yang dapat mereka tangkap. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki misalnya guru perlu menyiapkan naskah drama yang lebih matang untuk guru dan naskah berupa gambar kepada anak, guru melengkapi media pendukung dalam bermain peran serta lebih memberikan kebebasan yang lebih kepada anak dalam bermain peran. Dalam kegiatan bermain peran yang telah dilakukan di TK Cut Nyak Dien Kabupaten Jember ini telah dapat dilihat terdapat perubahan sosial yang dialami oleh anak dimana anak mampu melakukan hubungan sosial yang baik misalnya dapat menempatkan dirinya sesuai peran tokoh dan karakter yang sedang diamainkan anak mampu bekerja sama dengan temannya yang lain. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Kejuruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 140210205038; | - |
dc.subject | metode bermain | en_US |
dc.subject | keterampilan sosial anak usia dini | en_US |
dc.subject | anak usia dini | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini DI TK Cut Nyak Dien Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | 0210205 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RR ARDHATI TAYANG JATI - 140210205038.pdf-.pdf | 2.07 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools