Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103959
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | BEKTIARSO, Singgih | - |
dc.contributor.advisor | SUDARTI | - |
dc.contributor.author | YUSUF, Nurridha Rahmania | - |
dc.date.accessioned | 2021-04-07T04:08:08Z | - |
dc.date.available | 2021-04-07T04:08:08Z | - |
dc.date.issued | 2020-11-25 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103959 | - |
dc.description.abstract | Pembelajaran fisika yang efektif, dilakukan dengan pendekatan student centered learning. Model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan tersebut salah satunya adalah model Problem Based Learning (PBL). problem based learning (PBL) adalah model pembelajaran yang diidentifikasi siswa tidak sebagai penerima pasif pengetahuan, tetapi sebagai pemecah masalah yang bisa mengembangkan pengetahuan. Model PBL ini membuat siswa tidak hanya harus memahami konsep yang relevan dengan masalah yang menjadi pusat perhatian, tetapi juga memperoleh pengalaman belajar yang berhubungan dengan keterampilan menerapkan metode ilmiah dalam memecahkan masalah dan menumbuhkan pola berpikir kritis. Dalam menunjang penerapan model problem based learning ini, digunakan suatu media pembelajaran. Salah satu media pembeljaran yang dapat digunakan adalah google classroom. Google classroom adalah aplikasi dari google berupa ruang kelas online atau virtual yang dapat membantu guru dalam meningkatkan interaksi dan komunikasinya dengan siswanya. Penggunaan media google classroom untuk mendukung model PBL ini, diharapkan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan dalam proses belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang telah dilaksanakan di SMA Negeri Pakusari, pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 di bulan Februari, dengan materi gelombang bunyi. Sampel penelitian yang digunakan terdapat dua, yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest control design. Instrumen pengukur aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi, sedangkan instrumen pengukur hasil belajar siswa menggunakan pretest dan posttest berjumlah 15 soal. Instrumen aktivitas belajar diukur selama proses pembelajaran berlangsung, pretest diberikan sebelum pembelajaran berlangsung, dan posttest diberikan setelah pembelajaran dilaksanakan. Penelitian ini menghasilkan data aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Nilai aktivitas belajar pada kelas eksperimen selalu lebih besar daripada kelas kontrol. Terbukti dengan nilai aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama untuk kelas eksperimen adalah 54,84% dan kelas kontrol adalah 45,78%. Pada pertemuan kedua, nilai aktivitas belajar kelas eksperimen adalah 66,72% dan kelas kontrol adalah 54,06%. Serta pada pertemuan ketiga, nilai aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen yaitu 77,50% dan kelas kontrol adalah 66,09%. Sedangkan nilai pretest kedua kelas hampir sama, yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen 38 dan kelas kontrol 34. Namun, rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, yaitu 60 dan 50. Data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji T-test dan mendapatkan hasil bahwa nilai signifikansi pada data aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kurang dari 0,05, yaitu 0,017 dan 0,002. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka kesimpulan yang didapat dari penelitian ini, yakni pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan media google classroom berpengaruh signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi di SMA Negeri Pakusari. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 16021010206; | - |
dc.subject | model pembelajaran | en_US |
dc.subject | problem based learning (Pbl) | en_US |
dc.subject | based learning (Pbl) | en_US |
dc.subject | media google classroom | en_US |
dc.subject | google classroom | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | 021010 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
NURRIDHA RAHMANIA YUSUF - 160210102061.pdf-.pdf | 4.48 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools