Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103951
Title: Implementasi Strategi Content Marketing Pada Tour Organizer PT Pratama Wisata Lintasnusa Banyuwangi
Authors: WAHYUDI, Edy
WAHJUNI, Sri
ADJIE, Pramasta
Keywords: implementasi strategi content marketing
content marketing
tour organizer
perjalanan wisata
wisata
Issue Date: 24-Dec-2020
Publisher: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember 2020
Series/Report no.: 170910202001;
Abstract: PT Pratama Wisata Lintasnusa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan dan penyelenggaraan perjalanan wisata, khususnya yang ada di Kota Banyuwangi dan sekitarnya. PT Pratama Wisata Lintasnusa menyediakan berbagai jenis paket wisata yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Sejak berdiri pada tahun 2014 silam, PT Pratama Wisata Lintasnusa telah melayani lebih dari 4.000 rombongan dengan beragam jenis kunjungan ke lebih dari 22 destinasi unggulan di seluruh Kota Banyuwangi dan sekitarnya. Seiring dengan perubahan zaman yang terjadi, PT Pratama Wisata Lintasnusa selalu berusaha menyesuaikan dengan perubahan, salah satunya perubahan dalam pendekatan pemasaran yang diterapkan. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mengikuti tren pemasaran masa kini, maka PT Pratama Wisata Lintasnusa menggunakan pendekatan pemasaran berbasis konten atau biasa disebut dengan content marketing. Content marketing yang dilakukan PT Pratama Wisata Lintasnusa yaitu dengan memanfaatkan beberapa media sosial dan website, serta menerapkan 8 tahapan dalam pembuatan konten yang harus dilakukan sebuah perusahaan. 8 tahapan tersebut yaitu: determine objectives (penetapan tujuan), target mapping (pemetaan target pasar), content ideation (penggagasan dan perencanaan konten), content creation (penciptaan konten), content distribution (distribusi konten), content amplification (penguatan konten), content marketing evaluation (mengevaluasi konten), dan content marketing improvement (perbaikan konten). Penelitian ini ini bertujuan untuk menganalisis mengenai implementasi content marketing yang telah diterapkan PT Pratama Wisata Lintasnusa Banyuwangi. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kantor PT Pratama Wisata Lintasnusa yang terletak di Perumahan Brawijaya Cefila Indah, Jalan Brawijaya, Kelurahan Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data tersebut diperoleh melalui dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis domain dan taksonomi. Analisis ini diperlukan untuk mendeskripsikan implementasi content marketing pada PT Pratama Wisata Lintasnusa melalui proses observasi dan wawancara. Data yang sudah diperoleh kemudian dilakukan triangulasi data untuk menggabungkan berbagai data yang sudah didapat untuk mendapatkan kebenaran dan keabsahannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Pratama Wisata Lintasnusa Banyuwangi telah sepenuhnya mengimplementasikan 8 tahapan content marketing. Tahapan pertama diterapkan dengan menetapkan tujuan pembuatan konten untuk mencari perhatian konsumen, meningkatkan engagement, membangun brand awareness, dan untuk tujuan penjualan. Tahapan kedua diterapkan dengan memetakan target pasar ke dalam segmentasi geografis, demografis, dan psikografis. Tahapan ketiga diterapkan dengan cara merancang konten dari segi visual dan tulisan. Tahapan keempat diterapkan dengan cara membuat konten sesuai prinsip 5M (mindset, matching, moment, monopoly, dan multi-screen). Tahapan kelima diterapkan dengan cara mendistribusikan konten ke berbagai kanal media sosial dan iklan berbayar. Tahapan keenam diterapkan dengan cara bekerja sama dengan beberapa influencer dan menyajikan konten unggulan untuk menguatkan konten. Tahapan ketujuh diterapkan dengan cara mengevaluasi konten berdasarkan 5 metrik, yaitu visible, relatable, searchable, actionable, dan shareable. Tahapan terakhir diterapkan dengan cara memperbaiki konten sesuai dengan saran dan masukan yang diterima dari audience atau pelanggan melalui link google form yang dibagikan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103951
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Pramasta Adjie - 170910202001.pdf-.pdf3.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools