Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103948
Title: Bantuan Amerika Serikat Kepada Industri Film Hollywood: Perspektif Ekonomi Politik
Authors: IQBAL, Muhammad
INDRIASTUTI, Suyani
ROKHMAH, Yudith Ayu
Keywords: Amerika Serikat (as)
negara superpower
kekuatan militer
politik, dan ekonomi
dunia global
kekuatan as stabil
Issue Date: 21-Sep-2020
Publisher: Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember 2020
Series/Report no.: 160910101033;
Abstract: Amerika Serikat (AS) merupakan negara superpower, yaitu negara dengan kekuatan militer, politik, dan ekonomi dalam dunia global. Kekuatan AS stabil dengan jangka waktu yang panjang, sehingga berpengaruh bagi negara-negara lain. Salah satu sumber kekayaan AS juga berasal dari sektor Art and Entertainment. Didalam sektor tersebut, industri film Hollywood merupakan salah satu yang memiliki peran penting. Pemerintah terbukti memberikan bantuan kepada industri film Hollywood. Bantuan yang diberikan adalah berupa peralatan militer, akses pada ruang privat pemerintah, hingga bantuan pemberian masukkan dari tokoh ahli. Tidak semua pembuat film dapat menikmati akses yang sama, karena pemerintah menginginkan timbal balik dari diberikannya bantuan tersebut. Bantuan tersebut melanggar prinsip Freedom of Speech pada amandemen pertama Konstitusi AS dan merusak perekonomian yang berdasarkan pada prinsip liberalisme. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mencari alasan dibalik pemberian bantuan kepada industri film Hollywood oleh Pemerintah AS. Penulis menggunakan konsep ekonomi politik kritis untuk mencari jawaban dari permasalahan. Serta penulis menggunakan konsep propaganda untuk menjelaskan jawaban penelitian. Data yang digunakan berasal dari data sekunder dan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan menjelaskan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan alasan pemerintah AS memberikan bantuan terhadap industri film Hollywood yang pertama sebagai media iklan produk dalam negeri AS. Kedua, sebagai alat untuk mempertahankan citra baik AS. Terakhir adalah sebagai alat penyebaran ideologi AS pada dunia global. Ketiga alasan tersebut merupakan propaganda yang dilakukan oleh Pemerintah AS. Propaganda tersebut dilakukan dengan melakukan mengubahan atau penyesuaian naskah atau adegan dalam film. Pada akhirnya propaganda tersebut akan menjadi penghubung antara kepentingan politik Pemerintah AS dengan kepentingan yang bersifat ekonomi dari industri film Hollywood. Sementara itu, masyarakat global hanya menerima ‘residu’ dari proses tersebut.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103948
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YUDITH AYU ROKHMAH - 160910101033.pdf-.pdf1.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools