Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103928
Title: | Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp |
Authors: | WALUYO, Joko SUPENO AKBAR, Khoironi Fanana |
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Pencemaran Lingkungan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik |
Issue Date: | 2020 |
Series/Report no.: | 160220104012; |
Abstract: | Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan kondusif yaitu dengan menggunakan media pembelajaran IPA berbasis android merupakan sebuah media yang memadukan media visual dan media audio visual menjadi sebuah tampilan yang simple dengan tampilan menarik. Media pembelajaran IPA berbasis android ini dirancang agar memudahkan siswa berpikir kritis dan menjadi alternatif media pembelajaran yang selama ini ada. Media pembelajaran IPA berbasis android mampu mengakomodasi semua kegiatan pembelajaran interaktif seperti mendengarkan, membaca, dan menulis, Salah satu materi pembelajaran yang dibuat ke dalam media pembelajaran berbasis android adalah pencemaran lingkungan. Materi yang diambil adalah pokok bahasan pada kelas VII SMP/MTs, dikarenakan media pembelajaran berbasis android dirasa cocok untuk diterapkan pada materi tersebut. Maka tujuan yang diangkat oleh peneliti adalah: 1) Menganalisis validitas hasil pengembangan media pembelajaran IPA berbasis android materi pencemaran lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa; 2) Menganalisis kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran IPA berbasis android materi pencemaran lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa; 3) Menganalisis keefektifan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis android materi pencemaran lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengembangan (Research and Development), pengembangan ini bukan dari produk yang sudah ada melainkan menciptakan produk sendiri. Penelitian ini berorientasi pada pengembangan produk dimana proses pengembangannya dikaji seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi. Produk yang dimaksud adalah media pembelajaran IPA berbasis android dengan nama SeeNowling untuk pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan dalam bentuk APK yang akan digunakan oleh guru dan siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil validasi media pembelajaran IPA berbasis android diperoleh dari 2 validator, yaitu 2 orang dosen Program Studi Pendidikan (S2) IPA. Dari hasil validasi diperoleh nilai presentase kevalidan sebesar 86,50% sehingga media pembelajaran IPA berbasis android materi pencemaran lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis memenuhi kriteria sangat valid dan dapat digunakan sebagai uji coba pengembangan skala kecil dan skala besar. Selanjutnya untuk Kepraktisan media didapat dari hasil angket keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa. Hasil angket keterlaksanaan pembelajaran didapat dari 3 observer, yaitu 3 guru IPA kelas VII MTs. Negeri 8 Banyuwangi. Dari hasil keterlaksanan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata presentase keterlaksanaan sebesar 89,00%, sehingga penggunaan media pembelajaran berbasis android terlaksana dengan sangat baik. Hasil Respon siswa dikelas eksperimen dengan presentase rata-rata 72,60%, dengan kategori baik. Sehingga rata-rata presentase keterlaksanaan dan respon siswa dipadukan dan diperoleh rata-rata presentase kepraktisan sebesar 71,90%, sehingga pengggunaan media tergolong praktis. Hasil angket keefektifan media pembelajaran didapat dari rata-rata presentase N gain Score pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil N Gain Score pada kelas eksperimen sebesar 0,70, sehingga penggunaan media untuk kemampuan berpikir kritis tingkat keefektifannya tinggi. Sedangkan hasil N Gain Score pada kelas kontrol sebesar 0,26, sehingga pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android pada tahap pengembangan tingkat keefektifannya tergolong rendah sehingga tidak efektif untuk keterampilan berpikir kritis. Setelah melakukan uji kepraktisan dan uji kepraktisan di kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dilanjutkan tahap desiminasi. Maksud dan tujuan dilakukannya tahap ini untuk mengetahui kepraktisan dan kebenaran keefektifan penggunaan media pembelajaran IPA berbasis android untuk kemampuan berpikir kritis siswa setelah sebelumnya diketahui efektif. Tahap desiminasi dilakukan di MTs Darul Amien. Hasil angket keterlaksanaan pembelajaran didapat dari 1 observer, yaitu 1 guru IPA kelas VII MTs. Darul Amien. Dari hasil keterlaksanan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata presentase keterlaksanaan sebesar 92,00%, sehingga penggunaan media pembelajaran berbasis android terlaksana dengan sangat baik di kelas desiminasi. Hasil Respon siswa dikelas desminasi diketahui rata-rata presentase sebesar 74,42%, dengan kategori baik. Sehingga rata-rata presentase keterlaksanaan dan respon siswa dikelas desiminasi dipadukan dan diperoleh rata-rata presentase kepraktisan sebesar 83,21%, sehingga pengggunaan media juga tergolong praktis. Hasil angket keefektifan media pembelajaran dikelas desminasi didapat dari rata-rata presentase N gain Score pre-test dan post-test pada kelas desminasi. Hasil N Gain Score pada kelas desiminasi sebesar 0,71, sehingga penggunaan media untuk kemampuan berpikir kritis juga tergolong efektif. Pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android tregolong tidak efektif untuk keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Media pembelajaran IPA berbasis android materi pencemaran lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa masuk dalam kategori valid dan layak digunakan; 2) Media pembelajaran IPA berbasis android materi pencemaran lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa tergolong praktis; 3) Media pembelajaran IPA berbasis android materi pencemaran lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa tergolong cukup efektif. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103928 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
KHOIRONI FANANA AKBAR-160220104012-.pdf | 4.29 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.