Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103921
Title: Pengelolaan “Tanocraft” Sebagai Ruang Edukasi Pemberdayaan Mantan Pekerja Migran Perempuan DI Tanoker Kabupaten Jember
Authors: IMSIYAH, Niswatul
ARIEFIANTO, Lutfi
MUKHAJALIN, Ghuril
Keywords: Tanocraft
Edukasi
Pemberdayaan
Pekerja Migran Perempuan
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 150210201030;
Abstract: Ruang edukasi adalah tempat berkegiatan masyarakat dalam berkreativitas guna pengembangan diri. Ruang edukasi untuk masyarakat dalam perkembangan era globalisasi saat ini semakin berkurang. Tanoker merupakan Komunitas Belajar Ledokombo yang termasuk lembaga sosial non pemerintah atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), di mana aktif dalam memberi pendampingan pada anak-anak pekerja migran, buruh tani, serta pekerja sektor informal lainnya. Tanoker memiliki perhatian khusus salah satunya terhadap mantan pekerja migran perempuan. Walaupun sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan penguatan kapasitas kelembagaan pengarusutamaan gender, namun data menunjukkan masih adanya kesenjangan dalam hal akses, partisipasi, manfaat serta penguasaan terhadap sumberdaya seperti pada bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan bidang strategis lainnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Penentuan lokasi dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive area, lokasi penelitian berada di Tanoker yang terletak di Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini pemeriksaan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni analisis interaktif model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan Tanocraft memiliki fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, evaluasi, dan pengembangan. Perencanaan sebagai proses awal pengelolaan program, proses pertama yang dilakukan yaitu merancang konsep kegiatan, sasaran, anggaran, output, dan outcome. Yang berikutnya pengorganisasian yang dibagi menjadi dua, yaitu pengorganisasian masyarakat dan pengorganisasian staf/karyawan. Fungsi manajemen yang ketiga, penggerakan. Dasar perancangan program yang dilakukan Tanocraft ialah tidak adanya uang transport dalam setiap proses pelatihan. Selanjutnya pembinaan, materi-materi yang diberikan dalam pelatihan yaitu kewirausahaan, keterampilan atau manajemen produksi, pengorganisasian dan public speaking, keuangan keluarga dan keuangan usaha, marketing/manajemen penjualan dan marketing promotion, gender perspective atau pengetahuan gender. Kelima, evaluasi program pemberdayaan mantan pekerja migran perempuan ini dilaksanakan satu kali pada akhir program. Terakhir, proses pengembangan dilakukan apabila proses evaluasi dapat dinyatakan berhasil. Berhasil secara capaian dari proses awal sampai akhir berdampak pada sasaran yakni masyarakat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelolaan Tanocraft guna memberikan solusi dalam permasalahan yang terjadi di Ledokombo dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui ruang edukasi telah cukup merubah penghidupan masyarakat Ledokombo yang awalnya menjadi pekerja migran. Tanocraft menjadi ruang alternatif atau tempat belajar masyarakat untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat kerajinan tangan yang memberikan dampak terhadap perekonomian dan sosial-kultural. Dengan demikian saran yang dapat diberikan peneliti bagi pengelola Tanocraft seyogianya Direktur Tanocraft meningkatkan intensitas monitoring kepada kelompok binaan sehingga permasalahan yang ada di kelompok maupun anggota kelompok dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat untuk kebaikan bersama.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103921
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ghuril Mukhajalin_150210201030-.pdf2.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools