Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103868
Title: | Pengembangan Indikator 4c’s Yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Sma/Ma Kelas XII Semester II |
Authors: | SUNARDI MONALISA, Lioni Anka |
Keywords: | Indikator 4c’s Kurikulum Matematika Pengembangan |
Issue Date: | 2020 |
Series/Report no.: | 130210101070; |
Abstract: | Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Pendidikan sendiri sangat berpengaruh terhadap pembangunan sehingga perlu adanya kualitas yang dihasilkan,kemampuan produk yang akan dihasilkan di masa yang akan datang. Untuk itu perlu peningkatan mutu pendidikan di Indonesia untuk membangun masyarakat di lingkungan, pendidikan harus mampu mengubah kepribadian menuju ke yang lebih baik. Kurikulum ialah sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan. Dalam suatu sistem pendidikan, kurikulum itu bersifat dinamis serta harus selalu dilakukan perubahan dan pengembangan, agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut juga sesuaidengan visi dan misi Partnership for 21th century learning (P21) yang menyatakan bahwa perubahan di dunia pendidikan harus terus dilakukan sehinggasemua peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berkembang di dunia. Tantangan dalam pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013 menuntut kemampuan guru sebagai pengajar untuk lebih mampu mendesain pembelajaran agar sesuai dengan tujuan pendidikan abad 21 ini. Ada suatu inovasi pendidikan dari yang sudah dilaksanakan di beberapa negara maju di dunia. Inovasi baru dari P21 yang terbukti hasil PISA dan TIMSS mereka jauh diatas Indonesia. Inovasi baru tersebut adalah indikator 4C’s yaitu critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMA/MA kelas XII semester II. Dalam penelitian ini yang dikembangkan adalah indikator matematika untuk kelas XII semester 2 yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan karakter 4 C’s yaitu berpikir kritis (critical thinking), kreatif(creative), kolaborasi (collaboration), dan komunikasi (communication). Pengembangan indikator 4C’s mengacu pada kemampuan P21. Adapun kemampuan P21 pada masing – masing komponen adalah sebagai berikut: a) Berpikir kritis (critical thinking) Menggunakan berbagai jenis penalaran (induktif, deduktif, dll) yang sesuai dengan situasi. Menganalisis dan mengevaluasi fakta-fakta, pendapat, dan keyakinan secara efektif. b) Komunikasi (communication) Mengungkapkan pikiran dan ide secara efektif menggunakan keterampilan komunikasi lisan atau tertulis dalam berbagai bentuk dan konteks. Menggunakan komunikasi untuk berbagai tujuan (misalnya menginformasikan, mengintruksikan, memotivasi dan mengajak). c) Kreatif (creative) Menggunakan teknik penciptaan ide yang luas (seperti brainstorming). Menciptakan ide baru atau konsep untuk menganalisis suatu masalah. d) Kolaborasi (collaboration) Menunjukkan kemampuan untuk bekerja secara efektif dan saling menghormati dengan kelompok yang berbeda. Penelitian ini mengacu pada model Plomp yang sudah dimodifikasi. Pada penelitian ini hanya melakukan fase investigasi awal (preliminaryinvestigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), dan fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), sedangkan tahap implementasi (implementation) tidak digunakan dalam penelitian ini karena keterbatasan waktu dan biaya. Hasil pengembangan berupa indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum 2013 selanjutnya akan dinilai kevalidannya oleh 4 validator yang terdiri dari 2 dosen pendidikan matematika Universitas Jember dan 2 guru bidang studi matematika SMAN di Jember. Hasil validasi tersebut kemudian dihitung dan dianalisis. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata – rata nilai validasi untuk setiap indikator (𝐴𝑖 ) terendah adalah 3,5 dan tertinggi adalah 3,75. Hasil perhitungan rerata total untuk setiap aspek (𝑉𝑎) adalah 3,63. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis yang dilakukan, hasil pengembangan indikator 4C’s yang diselaraskan dengan kurikulum 2013 menunjukkan kategori valid karena produk dapat dikatakan valid apabila hasil perhitungan rerata total untuk setiap aspek (𝑉𝑎) lebih dari atau sama dengan 3,25. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103868 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ardhelina Widyawati_130210101070-.pdf | 10.57 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools