Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103812
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKhutobah-
dc.contributor.advisorBudyawati, Luh Putu Indah-
dc.contributor.authorLestari, An’nisaa-
dc.date.accessioned2021-04-01T03:19:40Z-
dc.date.available2021-04-01T03:19:40Z-
dc.date.issued2020-12-28-
dc.identifier.nim160210205096-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103812-
dc.description.abstractKecerdasan linguistik anak usia dini adalah kemampuan anak dalam menggunakan kata-kata dengan benar, baik secara lisan atau tulisan. Membangun anak agar memiliki kecerdasan linguistik tentunya tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran yang digunakan. Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru untuk menyampaikan materi, disisi lain siswa juga membutuhkannya agar mereka dapat menangkap dengan baik informasi yang telah diberikan oleh guru. Pada penelitian ini media pembelajaran yang digunakan dalam menstimulus kecerdasan linguistik pada anak usia dini berupa macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif). Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana proses dan hasil dari pengembangan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dalam menstimulasi kecerdasan linguistik anak kelompok B di TK Muslimat Jundulloh Jombang?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dalam menstimulasi kecerdasan linguistik anak kelompok B di TK Muslimat Jundulloh Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi, dan lembar angket respon guru terhadap pembelajaran. Penelitian pengembangan media pembelajaran macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) ini terdapat beberapa langkah yang dilakukan yaitu: (1) mengidentifikasi masalah; (2) mengumpulkan informasi; (3) mendesain produk; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk; (6) uji coba produk; (7) revisi x produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) pembuatan produk massal. Namun dalam penelitian pengembangan ini, tahapan yang dilakukan oleh peneliti hanya dilaksanakan sampai tahap kesembilan. Pada tahap produksi massal belum dapat dilaksanakan karena peneliti hanya memproduksi barang atau produk media untuk uji kevalidan, keefektifan, kepraktisan. Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan media pembelajaran macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian yang diberikan oleh validator ahli dan validator dari praktisi dengan perolehan skor rata-rata adalah 4,4; (2) pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dikategorikan efektif dilihat dari aktivitas anak yang menunjukkan nilai di atas rata-rata yaitu lebih dari 90 dan ketercapaian indikator pencapaian pembelajaran yang memperoleh hasil 3,6 dengan interpretasi tinggi; dan (3) pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dikategorikan praktis dilihat dari aktivitas guru yang menunjukkan persentase di atas rata-rata yaitu 90% dengan interpretasi baik dan juga dari angket respon guru terhadap pembelajaran yang memperoleh persentase 95%. Respon guru ketika mengajar menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) menunjukkan hasil positif dan anak lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Saran dari penelitian pengembangan media macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) yang telah dilaksanakan adalah media pembelajaran macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dapat menjadi salah satu referensi atau masukan dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak dan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam membuat media pembelajaran.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectMacromedia Flash BETIF (Alfabet Edukatif)en_US
dc.subjectKecerdasan Linguistik Anaken_US
dc.titlePengembangan Macromedia Flash Betif (Alfabet Edukatif) Dalam Menstimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B DI TK Muslimat Jundulloh Jombang Tahun Pelajaran 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Anak Usia Dini-
dc.identifier.kodeprodi0210205-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
An`nisaa Lestari- 160210205096 Sdh.pdf6.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools