Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103706
Title: Tanggung Jawab Pelaku Usaha terhadap Pembatalan Sepihak Pemberian Hadiah yang Dijanjikan kepada Konsumen melalui Transaksi Jual Beli
Authors: FAHAMSYAH, Ermanto
PUSPANINGRUM, Galuh
RAHADIANSYAH, Amanda Trivanny
Keywords: Tanggung Jawab Hukum
Perlindungan Hukum Konsumen
Wanprestasi
Issue Date: 4-Jan-2021
Publisher: Fakultas Hukum
Abstract: Perkembangan perekonomian telah menghasilkan beragam jenis dan variasi barang dan/atau jasa sehingga konsumen dihadapkan pada berbagai pilihan jenis barang dan/atau jasa yang ditawarkan. Pelaku usaha mengupayakan agar produk yang ditampilkan menarik dengan berbagai cara untuk mengikat konsumen salah satunya yaitu undian berhadiah. Namun, beberapa pelaku usaha menyalahgunakan cara itu untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar sehingga mengakibatkan kerugian bagi konsumen. Kondisi tersebut akan menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan konsumen. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yaitu Pertama, bentuk kerugian yang dialami oleh konsumen dengan dibatalkannya hadiah undian sebagaimana yang dijanjikan pelaku usaha. Kedua, tanggung jawab hukum jika dalam penjualan produk pelaku usaha menjanjikan suatu hadiah dan tidak ditepati. Ketiga, upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen jika pelaku usaha dalam menjualkan produknya menjanjikan suatu hadiah yang tidak ditepatinya. Tujuan Khusus Penelitian ini Pertama, untuk memahami bentuk kerugian yang dialami oleh konsumen dengan dibatalkannya hadiah undian yang dijanjikan pelaku usaha. Kedua, untuk memahami bentuk tanggung jawab hukumnya dalam penjualan produk pelaku usaha menjanjikan suatu hadiah dan tidak ditepatinya. Ketiga, untuk memahami bentuk upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen terkait pelaku usaha dalam menjualkan produknya menjanjikan suatu hadiah yang tidak ditepatinya. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut yaitu tipe penelitian hukum Yuridis Normatif (Legal Research) yang berfokus untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau normanorma dalam hukum positif yang berlaku. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan Skripsi ini menggunakan pendekatan Perundang-Undangan (Statute Approach) dan pendekatan konseptual (Conceptual Approach). Tinjauan pustaka yang terdapat dalam skripsi ini menguraikan tentang pengertian tanggung jawab hukum, teori tanggung jawab hukum, perlindungan hukum konsumen, asas-asas perlindungan hukum konsumen, tujuan perlindungan hukum konsumen, wanprestasi, bentuk dan syarat wanprestasi, penyebab terjadinya wanprestasi, akibat hukum wanprestasi, pengertian pelaku usaha, hak dan kewajiban pelaku usaha, pengertian konsumen, hak dan kewajiban konsumen, pengertian hadiah dan jenis-jenis hadiah. Hasil dari penelitian ini Pertama, bentuk kerugian yang dialami konsumen pada saat dibatalkannya undian gratis berhadiah oleh pelaku usaha sebagai akibat dari perbuatan pelaku usaha yang melawan hukum diantaranya kerugian Materiil dan kerugian Immateriil. Kedua, tanggung jawab hukum pelaku usaha atas kerugian yang diderita konsumen adalah berkaitan dengan kompensasi atau ganti kerugian yang telah ditimbulkan oleh pihak pelaku usaha yang menjanjikan suatu hadiah kepada konsumen yang sesuai dengan Pasal 7 huruf (g) dan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Ketiga, upaya penyelesaian yang dapat dilakukan antara konsumen dengan pelaku usaha tersebut terkait kerugian konsumen, maka konsumen dapat langsung mengajukan pengaduan ke pihak pelaku usaha yang menjanjikan hadiah dan apabila pelaku usaha tersebut tidak menanggapi segala keluhan konsumen, maka konsumen dapat menyelesaikannya melalui jalur non-litigasi maupun litigasi. Saran yang dapat diberikan yaitu Pertama, kepada Pemerintah seharusnya memberikan regulasi terkait undian berhadiah dan memperketat pengawasan terhadap penyelenggara undian berhadiah. Kedua, kepada Pelaku usaha lainnya seharusnya lebih memperhatikan kewajiban pelaku usaha dan hak-hak konsumen sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Ketiga, kepada Konsumen apabila terdapat kasus yang sama maka upaya penyelesaian yang dapat dilakukan yakni melalui jalur non litigasi agar dapat tercipta kedamaian antara konsumen dengan pelaku usaha.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103706
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AMANDA TRIVANNY RAHADIANSYAH - 160710101367.pdf1.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools