Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103696
Title: | Analisis Penerapan Media Pembelajara Geogebra dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel |
Authors: | DAFIK OKTAVIANINGTYAS, Ervin |
Keywords: | Media Pembelajaran Geogebra Kemampuan Komunikasi Matematis Pembelajaran Matematika |
Issue Date: | 27-Jan-2021 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Kemampuan komunikasi matematis ialah kemampuan mengekspresikan, memahami, menginterpretasikan dan mengevaluasi ide matematis secara tulis maupun lisan, serta kemampuan menggunakan istilah atau notasi matematika untuk menyajikan ide dan menggambarkan hubungan dan model-model situasi. Salah satu materi pada pembelajaran matematika yang memerlukan kemampuan sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis adalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Kemampuan komunikasi matematis siswa di sekolah tergolong rendah. Sehingga diperlukan penggunaan media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam proses berlajar mengajar. Geogebra merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menilai kemampuan komunikasi matematis. Oleh karena itu penggunaan media Geogebra dalam proses pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa. Dari latar belakang tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menggunakan Geogebra, untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menggunakan Geogebra, dan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menggunakan media pembelajaran Geogebra. Tahapan kegiatan penelitian melakukan studi pendahuluan, menyusun rancangan penelitian, berkoordinasi dengan sekolah dan menentukan subjek penelitian. Tahap selanjutnya ialah melakukan observasi awal untuk mengetahui terkait pembelajaran di sekolah. Selanjutnya membuat instrumen penelitian, yang terdiri dari soal tes dan wawancara. Instrumen tersebut diuji validasi oleh validator. Setelah instrumen sudah valid, dilakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Geogebra serta pengumpulan data. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan kemudian dilakukan analisis untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis pada siswa. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menggunakan Geogebra dapat diketahui melalui hasil observasi. Berdasarkan hasil observasi siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran Sistem Persamaan Linier Dua Variabel menggunakan Geogebra. Mereka mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan, dan sesuai dengan indikator yang tersedia. 2. Penerapan media pembelajaran Geogebra dapat meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Hal ini dapat dilihat dari proses pengerjaan siswa yang sesuai dengan indikator komunikasi matematis siswa. 3. Kemampuan komunikasi matematis siswa dideskripsikan berdasarkan faktor- faktor yang meliputi proses pembelajaran, sikap dan pemahaman siswa, serta pembiasaan atau pemberian soal-soal yang dapat mengukur kemampuan komunikasi matematis secara rutin. Geogebra tidak bisa memberi nilai mutlak bahwa komunikasi matematis siswa akan meningkat. Hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan oleh Nopiyani dengan judul “Penerapan Media Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP” dan penelitian yang dilakukan oleh Fahmi yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra di Kelas VIII SMPN 1 Samudera”, yakni Geogebra membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103696 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ALVIAS NOVIANTIKA ARNANDA - 160210101092.pdf | 4.06 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools