Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103575
Title: | Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika |
Authors: | Dafik Murtikusuma, Randi Pratama Saniriati, Desak Made Dwika |
Keywords: | Media Pembelajaran Adobe Animate Schoology Materi Barisan dan Deret Aritmetika |
Issue Date: | 10-Nov-2020 |
Publisher: | Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020 |
Abstract: | Tuntutan global terhadap pesatnya perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. Adanya pandemi COVID-19 saat ini mengakibatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan proses pembelajaran jarak jauh atau secara online. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai software maupun e-learning gratis yang tersedia sebagai media pembelajaran. Penggunaan e-learning yang bersifat open source dapat digunakan dalam pembelajaran kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan jaringan internet. Salah satunya pemanfaatan e-learning Schoology dalam pembelajaran sebagai media untuk meletakkan materi, tes maupun berkomunikasi melalui fitur- fitur yang telah tersedia. Penyampaian materi dapat dikombinasikan dengan memanfaatkan software Adobe Animate. Melalui software ini dapat dikembangkan sebuah media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memvisualisasikan permasalahan barisan dan deret aritmetika dengan tampilan ilustrasi yang menarik. Penelitian pengembangan media pembelajaran Adobe Animate berbantuan Schoology pada materi barisan dan deret aritmetika ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan atau model 4-D yang telah dimodifikasi. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi oleh dua Dosen Pendidikan Matematika dan guru matematika SMAN 3 Jember. Setelah dinyatakan valid, dilakukan uji coba secara online kepada 20 siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Jember untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran. Kepraktisan media pembelajaran ini diperoleh dari hasil angket respon siswa sedangkan tingkat keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Hasil pengembangan media pada penelitian ini sebagai berikut. 1. Berdasarkan hasil analisis kevalidan, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,94 sehingga media pembelajaran ini dinyatakan valid dengan kategori sangat tinggi dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran terkait materi yang disajikan. 2. Media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket respon siswa yaitu sebesar 81,75% dengan kategori baik. 3. Siswa mendapatkan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 85% menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat dikategorikan efektif karena lebih dari 80% siswa yang merupakan subjek penelitian dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka media pembelajaran Adobe Animate berbantuan Schoology pada materi barisan dan deret aritmetika dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103575 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DESAK MADE DWIKA SANIRIATI - 160210101116_compressed.pdf | 3.23 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools