Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103480
Title: Penentuan Harga Jual Juice Ekstrak Monascus Angcho di CV. Arrohmah
Authors: Putra, Hendrawan Santosa
Putra, Andio Excellino
Keywords: Harga Jual
Ekstrak Monascus Angcho
Issue Date: 21-Jul-2020
Publisher: Diploma III Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2020
Abstract: kegiatan praktik kerja nyata yang telah penulis laksanakan di CV. Arrohmah Jember pada tanggal 24 februari s/d 4 april 2020. Penentuan harga Jual juice ekstrak Monascus Angcho di CV. Arrohmah Jember masih belum tepat dan masih harus diperbaiki lagi. Di CV. Arrohmah terdapat 4 kali produksi selama 1 bulan yang menghasilkan 5 jenis produk. Selama ini CV. Arrohmah belum menghitung Harga Pokok Produksi tiap jenis produknya secara lengkap, Maka dari itu CV. Arrohmah perlu meninjau lagi harga pokok produksinya, dan jika ada produk baru yang dikeluarkan perlu ditentukan langsung Harga Pokok Produksinya agar lebih mudah menentukan harga jual. Harga Jual selama ini yang ditetapkan oleh CV. Arrohmah berbeda jauh dari harga jual yang aslinya, ada yang terlalu tinggi dari harga pokok produksi dan ada yang terlalu rendah dari harga pokok produksi. Maka dari itu CV. Arrohmah Terlebih dahulu perlu menentukan harga pokok produksi dengan pendekatan full costing dengan menghitung harga bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Setelah menghitung Harga Pokok Produksi CV. Arrohmah perlu menghitung biaya operasional untuk memaksimalkan Harga Pokok Produksi. Lalu setelah menentukan biaya operional CV. Arrohmah baru menentukan harga jual setiap produknya jika bingung menentukan harga jual bisa menggunakan metode cost plus pricing dengan menghitung terlebih dahulu ROI dan menentukan persentase mark-upnya. Ada beberapa manfaat ringkas selama Praktik Kerja Nyata ini, yaitu : 1. Penulis bisa mengetahui langsung tentang pelaksanaan penjualan produk, mengenal respon konsumen saat transaksi penjualan. Tidak semua pembeli, membeli dilakukan secara langsung ditempat tetapi, Banyak juga yang dilakukan melalui jasa ekspedisi untuk mengurangi biaya tranportasi sebagian unsur cost plus pricing, Mengurangi biaya transportasi jika transaksi dilakukan di luar lingkungan CV. Arrohmah 2. Mengetahui cara pemasaran di CV. Arrohmah yang salah satu unsur di cost plus pricing. Dengan cara menerbitkan keunggulan produk CV. Arrohmah. 3. Mengetahui menjaga kualitas produk ternyata sangat penting untuk konsmen dengan cara Membuat produk yang berkualitas agar konsumen selalu menjadi pelanggan kita meskipun harga produk lebih tinggi dari harga pokok produksi Saran penulis selama melaksanakan tugas di CV. Arrohmah jember yaitu sebagai berikut : 1. Penulis sarankan untuk menentukan harga jual di CV. Arrohmah lebih baik menggunakan metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing karena metode tersebut sesuai untuk diterapkan pada usaha manufaktur yang dilakukan CV. Arrohmah.. 2. Lebih Perbanyak data – data tentang biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik dan meninjau ulang penentuan harga pokok produksi yang selama ini di tetapkan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103480
Appears in Collections:DP-Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Andio Excellino Putra - 170803104064.pdf2.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.