Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/103410
Title: Identifikasi Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kelas VIII
Authors: Setiawani, Susi
Fatahillah, Arif
Suprayitno, Adil
Keywords: Kognitif Siswa
Issue Date: 30-Sep-2020
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract: Perbedaan gender sangat mempengaruhi perbedaan hasil belajar matematika. Gender adalah karakter dan perilaku yang melekat pada pria dan wanita. Susilastuti (1993) menerangkan bahwa laki-laki secara umum memiliki sifat maskulin sedangkan perempuan cenderung feminim. Faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa adalah kemampuan kognitif siswa. Menurut Bloom, segala upaya yang menyangkut aktifitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Anderson dan Krathwohl (2001) merevisi taksonomi Bloom tentang dimensi proses kognitif yaitu mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasikan (C6). Penelitian ini hanya menekankan pada kemampuan kognitif yaitu mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), memutuskan (C5) dan mengkreasikan (C6). Kemampuan kognitif siswa laki- laki dan perempuan berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif siswa berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pokok bahasan fungsi sebagai soal tes. Pada penelitian ini, siswa mengerjakan soal tes fungsi untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa laki-laki dan siswi perempuan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103410
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Adil Suprayitno - 130210101119 #.pdf4.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools