Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102888
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SATRIJONO, Hari | - |
dc.contributor.advisor | PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu | - |
dc.contributor.author | NINGRUM, Pipit Ayu | - |
dc.date.accessioned | 2020-12-23T02:42:10Z | - |
dc.date.available | 2020-12-23T02:42:10Z | - |
dc.date.issued | 2020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102888 | - |
dc.description.abstract | Bahasa merupakan sarana yang cukup penting dalam segala aspek kehidupan, khususnya dalam aspek pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini memfokuskan pada salah satu keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menulis. Namun didalam pelaksanaannya terdapat permasalahan yang sering ditemui oleh guru dalam mengajarkan bahasa, terutama dalam hal mengarang yang termasuk dalam keterampilan menulis yang masih sering terjadi, misalnya dalam penggunaan ejaan huruf kapital dan tanda baca. Analisis kesalahan berbahasa adalah suatu rangkaian aktivitas dalam mengumpulakan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menjelaskan, dan mengevaluasi kesalahan berbahasa. Analisis kesalahan berbahasa dapat dilakukan oleh guru untuk mengevaluasi hasil pekerjaan siswanya, dengan tujuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang diberikan. Hasil observasi awal pada siswa kelas IV, terdapat beberapa siswa yang melakukan kesalahan berbahasa saat menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Jenis kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV?, penyebab kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV? dan persentase kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV, untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV, dan untuk mengetahui persentase kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SDN Baratan 01 Jember pada tanggal 26 Februari 2020. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui dokumentasi adalah hasil penulisan siswa dan data diri siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis karangan siswa, kesalahan penulisan huruf kapital meliputi kesalahan penulisan pada judul karangan, kesalahan penulisan unsur nama orang, kesalahan penulisan huruf nama tahun, bulan, hari, dan hari besar atau hari raya, kesalahan penulisan kata di awal kalimat, kesalahan penulisan nama geografis, dan kesalahan penulisan kata yang menunjukkan hubungan kekerabatan. Kesalahan penggunaan tanda baca meliputi kesalahan penggunaan tanda titik (.), kesalahan penggunaan tanda koma (,), kesalahan penggunaan tanda tanya (?), kesalahan penggunaan tanda seru (!), kesalahan penggunaan tanda hubung (-), kesalahan penggunaan tanda petik ganda (“…”). Kesimpulannya adalah kemampuan siswa dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca secara keseluruhan masih banyak kesalahan yang dilakukan. Presentasi kesalahan penggunaan huruf kapital dalam karangan bebas pada siswa kelas IV termasuk kategori kesalahan tinggi dengan presentase 72,8% dan kesalahan penggunaan tanda baca termasuk kategori kesalahan sedang dengan presentase 40,4%. Penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan bebas siswa kelas IV SDN Baratan 01 Jember antara lain kurang pahamannya siswa mengenai aturan penggunaan huruf kapital dan tanda baca, sikap siswa yang kurang peduli siswa akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, rendahnya minat baca siswa, dan kurangnya perhatian orang tua siswa. Saran dari penelitian ini adalah sebaikanya guru serta sekolah lebih meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan aturan berbahasa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 160210204121; | - |
dc.subject | Ejaan | en_US |
dc.subject | Tanda Baca | en_US |
dc.subject | Karangan Bebas | en_US |
dc.title | Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca Dalam Karangan Bebas Siswa Kelas IV SDN Baratan 01 Jember | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Pipit Ayu Ningrum 160210204121_.pdf | 5.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools