Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102887
Title: Analisis Literasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V SDN Darungan 01 Lumajang
Authors: SUGIARTI, Titik
ALFARISI, Ridho
WARNI, Aniar Puspita
Keywords: Analisis Literasi
Matematika
Operasi
Pecahan
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 160210204035;
Abstract: Literasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks nyata. Dalam hal ini mencakup komponen merumuskan situasi secara matematis, menerapkan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran, serta menafsirkan hasil penyelesaian. Pemahaman terhadap matematika sangat penting terutama kemampuan mengaktifkan literasi matematika dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Materi matematika yang menyangkut kehidupan sehari-hari yaitu operasi hitung pecahan. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana literasi matematika dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan siswa kelas V SDN Darungan 01 Lumajang. Penelitian ini dilakukan di SDN Darungan 01 Lumajang bertujuan untuk mengetahui literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan berdasarkan pengelompokan kemampuan kognitif siswa ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian dilakukan di SDN Darungan 01 Lumajang, dengan subjek penelitian 24 siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil tes literasi matematika dari 24 siswa yang mengikuti tes literasi matematika terdapat 4 siswa yang dapat memenuhi 2 komponen literasi matematika. Siswa tersebut memiliki kemampuan yang cukup tinggi yaitu dapat menuliskan dengan tepat apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, serta merumuskan masalah kedalam model matematika. Ada beberapa soal yang mampu merancang strategi penyelesaian serta dapat menyelesaikan soal dengan tepat. Siswa juga mampu menafsirkan hasil penyelesaian yang paling tepat. Sedangkan 15 siswa dapat memenuhi 1 komponen literasi matematika. Siswa cenderung hanya dapat merumuskan situasi secara matematis, dengan menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal, namun tidak merumuskan masalah yang diberikan kedalam model matematika. Siswa tidak mampu merancang strategi penyelesaian, namun ada beberapa soal yang tidak dapat menyelesaikan soal dengan tepat. Sedangkan 5 siswa yang lain dapat memenuhi 1 komponen literasi matematika. Siswa secara keseluruhan hanya mampu memenuhi komponen literasi matematika yang pertama untuk soal nomor 1 yaitu merumuskan situasi secara matematis sedangkan soal nomor 2,3, dan 4 ada 3 siswa yang tidak dapat merumuskan situasi secara matematis. Komponen literasi matematika yang banyak dipenuhi siswa adalah komponen yang pertama yaitu merumuskan situasi secara matematis. Pada komponen yang kedua yaitu menerapkan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran, sebagian siswa tidak dapat merancang strategi penyelesaian. Siswa tidak mampu memberikan pemisalan pada soal sehingga yang dituliskan terlalu panjang. Pada komponen yang ketiga yaitu menafsirkan hasil penyelesaian, siswa yang berkemampuan matematika tinggi yang sampai pada proses menafsirkan dan menyimpulkan hasil penyelesaian masalah yang paling tepat. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi guru supaya dapat mampu membuat soal yang memungkinkan semua indikator literasi matematika dan dapat membiasakan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika serta bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu membuat yang dapat memenuhi indikator literasi matematika.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102887
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANIAR PUSPITA WARNI 160210204035_.pdf1.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools