Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102783
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 DI Sdn Sumberpinang 02 Jember
Authors: NURIMAN
MAHMUDI, : Kendid
RENANDIKA, Aris
Keywords: model pembelajaran Project Based Learning (Pjbl)
project based learning (Pjbl)
kemampuan berpikir kreatif siswa
Issue Date: 26-Aug-2020
Publisher: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020
Series/Report no.: 160210204110;
Abstract: Upaya pemerintah menyiapkan sumber daya manusia untuk siap menghadapi tantangan di era globalisasi yaitu dengan cara mengganti kurikulum 2006 (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mendorong siswa untuk mampu lebih baik dalam melakukan kegiatan bertanya, observasi, menalar dan mengkomunikasikan apa yang mereka dapat dan mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran dari guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan untuk siswa dapat mengeksplorasi kreativitasnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM. Pentingnya model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM yaitu dapat mendorong para siswa untuk mampu menerapkan pengetahuan siswa sehingga dapat menemukan suatu hal yang baru, mahir dalam menggunakan teknologi dan mampu menyelesaikan suatu permasalahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “adakah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di SDN Sumberpinang 02 Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di SDN Sumberpinang 02 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberpinang 02 Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian quasi experimental dengan menggunakan pola pretest-post test control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas 5A (20 siswa) dan kelas 5B (20 siswa). Sebelum diberikan perlakuan, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data nilai UTS. Hasil uji homogenitas
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102783
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARIS RENANDIKA - 160210204110.pdf-.pdf6.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools