Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102782
Title: Pengaruh Penerapan Teori Bruner Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Keliling Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV DI Sdn 3 Panderejo Banyuwangi
Authors: SUGIARTI, Titik
ALFARISI, : Ridho
SUKI, Maria Vinda Alvionita Bali
Keywords: teori bruner
bruner
bahasan keliling bangun datar
Issue Date: 31-Mar-2020
Publisher: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020
Series/Report no.: 160210204080;
Abstract: Menurut Hudoyo (dalam Hawa, 2008: 1-5) belajar matematika akan lebih berhasil apabila proses belajar diarahkan pada konsep dan struktur dalam pokok bahasan yang diajarkan, di samping hubungan yang terkait antara struktur dan konsep. Dengan mengenal konsep dan struktur yang tercakup dalam bahan yang sedang dibicarakan, siswa akan memahami materi. Ini menunjukkan bahwa materi yang mempunyai suatu pola atau struktur tertentu lebih mudah dipahami dan diingat siswa. Hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru dan siswa kelas IV di SDN 3 Panderejo Banyuwangi bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Guru tidak menggunakan media ataupun benda benda konkret yang bisa dimanipulasi oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa mayoritas siswa tidak menyukai matematika karena merasa bosan dan menyebabkan siswa bermain sendiri dan tidak memperhatikan guru saat mengajar, selain itu membutuhkan kemampuan dalam menghafal dan menghitung dengan menggunakan rumus. Pembelajaran Matematika dengan menerapkan teori belajar Bruner menekankan pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif siswa, yaitu tahap enaktif, tahan ikonik, dan tahap simbolik, sehingga siswa dapat memahami konsep dengan baik. Model bruner lebih menekankan pada sesuatu hal yang besifat nyata (konkrit), hal ini sesuai dengan karakter siswa sekolah dasar. Terori bruner tepat jika diterapkan pada saat pembelajaran dengan materi bangun datar, siswa dapat memahami bangun datar dan mengerti bangun datar secara nyata dengan mengamati benda-benda yang ada di sekitar kelas. Teori Bruner dapat memotivasi dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan pernerapan teori Bruner terhadap hasil belajar pokok bahasan keliling bangun datar pada siswa kelas IV di SDN 3 Panderejo Banyuwangi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eskperimental) dengan pola pretest-posttest nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Responden dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teori Bruner nilai siswa lebih meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 85 dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 51. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dengan SPSS, nilai thitung yang diperoleh sebesar 7,989. Harga ttabel dengan db= 34 pada taraf signifikasi 5% atau 0,05 adalah 0,339. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 7,96 > 0,339 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan teori Bruner terhadap hasil belajar pokok bahasan keliling bangun datar persegi panjang, persegi, dan segitiga pada siswa kelas IV SDN 3 Panderejo Banyuwangi.. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif penyampaian pembelajaran materi bangun datar berdasarkan teori Bruner. Penelitian ini juga dapat menambah wawasan dan memberikan masukan untuk penelitian selanjutnya. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga diharapkan hasil penelitian selanjutnya dapat memberikan hasil yang lebih baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102782
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
160210204087.pdf-.pdf2.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools