Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102686
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Decision Making dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
Authors: S. Pd, Dr. Supeno M. Si
Astutik, Dr. Sri M. Si
Pisca Dianty, ALIVEA
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Kemampuan Decision Making
Hasil Belajar Fisika
Siswa SMA
Issue Date: 16-Jan-2020
Publisher: FKIP
Abstract: Perkembangan dunia di abad 21 sangat pesat di semua aspek kehidupan. Mulai dari aspek sosial, keilmuan, sumber daya manusia dan globalisasi. Semua aspek tersebut menuntut seorang pendidik agar mengisi proses belajar yang sesuai dengan kondisi abad 21. Berpikir kompleks merupakan kemampuan berpikir yang sesuai dengan abad 21 yang didasarkan pada proses berpikir dasar, sedikitnya ada empat proses berpikir kompleks yang terjadi pada seseorang yaitu pemecahan masalah (problem solving), pengambilan keputusan (decision making), berpikir kritis (critical thinking), dan berpikir kreatif (creative thinking). Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan decision making adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan decision making dan hasil belajar fisika siswa SMA. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian pre-test dan post-test yang dilaksanakan di SMA Negeri Ambulu kelas XI pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area. Kelas eksperimen pada penelitian ini diberikan perlakuan kusus berupa model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan kusus. Data yang telah didapatkan dianalisis menggunakan SPSS 23 untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan yang telah diberikan terhadap kemampuan decision making dan hasil belajar siswa. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Materi yang digunakan adalah fluida statis, dengan pokok bahasan Tekanan Hidrostatis, Hukum Pascal, dan Hukum Archimedes.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102686
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alivea Pisca Dianty-160210102082.pdf1.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools