Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102555
Title: Strategi Pemasaran Senyum Media Stationery Jember
Authors: WAHYUDI, Edy
SISBINTARI, Ika
YULIANSARI, Vega Dewi
Keywords: Strategi Pemasaran
Bauran Pemasaran
Physical Evidence
Bisnis Ritel
Issue Date: 10-Aug-2020
Publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAM ILMU POLITIK
Abstract: Senyum Media Stationery Jember merupakan salah satu bisnis ritel di Jember yang menjual kebutuhan alat tulis kantor (ATK). Berdiri pada tanggal 02 Juli 1987. Perusahaan tersebut memperoleh produk alat tulis kantor langsung dari distributor tanpa melalui perantara. Lokasi Senyum Media berada di Jalan Kalimantan No. 07 Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan didasarkan memalui teknik purposive yang artinya peneliti memilih informan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan kepada objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi. Analisis domain adalah analisis yang digunakan untuk memperoleh gambaran umum pada objek penelitian. Sedangkan analisis taksonomi adalah yang telah ditetapkan oleh peneliti dapat diurai secara lebih rinci dan mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Senyum Media Stationery Jember melakukan strategi pemasaran yang meliputi segmentation, targetting, dan positioning (STP) dan bauran pemasaran yang terdiri dari 7p (product, price, place,promotion, people, proces, dan physical evidence). Perusahaan menggelompokkan pasar atau segmentation yang ditujukan untuk semua kalangan masyarakat atas sesuai dengan variasi produk alat tulis kantor, targetting pada Senyum Media yaitu pelajar, mahasiswa dan pegawai kantor, dan positioning dari produk Senyum Media adalah toko alat tulis kantor harga termurah serta terlengkap sesuai dengan kebutuhan konsumen. Produk yang dijual adalah alat tulis kantor dan pelengkapan kebutuhan sehari – hari sebagai pelengkap seperti peralatan rumah tangga, furniture, kosmetik dan lain sebagainya. Strategi produk yang dilakukan adalah dengan cara menjual berbagai macam produk alat tulis kantor sehingga memudahkan konsumen dalam memilih produk yang diinginkan. Harga produk cukup terjangkau untuk semua kalangan serta adanya potongan harga yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Senyum Media memilih lokasi strategis untuk tokonya agar memudahkan jangkauan konsumen untuk datang berbelanja. Promosi yang dilakukan menggunakanAdvertising yaitu dengan media offline dengan memasang spanduk atau banner disekitar toko dan media online menggunakan website Senyummedia.co.id, Instagram, Shopee, tokopedia dengan cara membagikan foto atau video guna menarik konsumen. Tidak hanya itu, Senyum Media juga menggunakan sales promotion dalam mempromosikan produknya. People Senyum Media adalah dengan merekrut karyawan yang telah memiliki pengalaman terutama pada bidang pemasaran. Proces pada produk Senyum Media yaitu dengan melakukan pembelian barang pada distributor secara langsung agar tidak terjadi rantai pasokan yang panjang dan mendapat harga yang lebih murah serta dapat memilih produk – produk yang berkualitas. Physical evidence pada Senyum Media yaitu memiliki fasilitas yang memadai seperti ruangan yang bersih dan berAC, tata letak display barang yang ditata dengan rapi, keranjang belanja untuk membawa barang yang akan dibeli, sehingga memberikan kenyamanan pada konsumen saat berbelanja.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102555
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Vega Dewi Yuliansari - 180910202102.pdf3.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools