Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102553
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | HARIYADI, Slamet | - |
dc.contributor.advisor | FIKRI, Kamalia | - |
dc.contributor.author | INDIASMITA, Unike | - |
dc.date.accessioned | 2020-12-14T01:40:01Z | - |
dc.date.available | 2020-12-14T01:40:01Z | - |
dc.date.issued | 2020-06-25 | - |
dc.identifier.nim | NIM160210103036 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102553 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan abad ke-21 mempunyai tujuan untuk mengembangkan kemampuan intelegensi yang dimiliki oleh peserta didik, menguasai pengetahuan dan menuntut untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu pendidikan abad ke-21 menuntut adanya keterampilan atau Intellectual skills yang harus dimiliki oleh siswa abad ke-21 untuk mempersiapkan siswa agar terlibat aktif dalam tantangan masa depan. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk pendidikan abad ke-21 adalah keterampilan kolaboratif karena keterampilan ini menuntut siswa untuk saling berinteraksi, bertanya, menjawab, berkomunikasi, menyampaikan pendapat, mendorong kerjasama. Model pembelajaran Project Based-Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk melakukan sebuah proyek yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat menambah pengalaman belajar siswa. Model pembelajaran Project Based-Learning mengajak siswa untuk bereksplorasi, merencanakan aktivitas belajar, melaksanakan proyek secara kolaboratif yang pada akhirnya menghasilkan suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based-Learning berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) terhadap Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental yang melibatkan 2 kelas didalam proses pembelajaran yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran Project Based-Learning berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran diskusi, tanya jawab, dan inkuiri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Agribisnis Ternak Unggas (ATU) SMKN 5 Jember tahun ajaran 2019/2020. Hasil yang diperoleh dari random sampling yaitu kelas X Agribisnis Ternak Unggas 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa & X Agribisnis Ternak Unggas 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Data keterampilan kolaboratif siswa di dapat dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan rubrik keterampilan kolaboratif oleh Hermawan, et al (2017) yang menggunakan 2 indikator yang meliputi konribusi (contributions) dan pemecahan masalah (problem solving) dengan skor 1-4. Hasil dari perhitungan keterampilan kolaboratif pada kelas eksperimen yakni 80±50,40 dengan kategori baik, sedangkan keterampilan kolaboratif siswa pada kelas kontrol yakni 71±5,17 dengan kategori cukup. Hasil belajar ranah kognitif di ukur dengan menggunakan instrument soal pretest dan soal post-test dengan soal berbentuk essay yang terdiri dari 5 butir soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 41,25 dan hasil rata-rata pre-test pada kelas kontrol sebesar 49,58. Hasil rata-rata post-test setelah menerapkan model pembelajaran Project Based-learning berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) pada kelas eksperimen yakni 71,7sedangkan post-test pada kelas kontrol yakni 69,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa kenaikan selisih rata-rata post-testpada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu dengan selisih 30,42±12,86 dibandingkan nilai rata-rata pada kelas kontrol yang hanya 20,13±9,11. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Project Based-Learning | en_US |
dc.subject | Keterampilan Kolaboratif | en_US |
dc.subject | STEM | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Project Based-Learning Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Siswa | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Biologi | - |
dc.identifier.kodeprodi | 0210103 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Unike Indiasmita - 160210103036.pdf | 5.15 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools