Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/10234
Title: Perencanaan Pembelajaran Fisika: MODEL-MODEL PEMBELAJARAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Authors: Indrawati
Keywords: model pembelajaran, fisika
Issue Date: 19-Dec-2013
Abstract: Pada hakikatnya mengajar itu merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam RPP biasanya memuat beberapa tujuan pembelajaran dan untuk mencapai tujuan tersebut perlu komponen proses pembelajaran. Model pembelajaran adalah salah satu komponen proses yang memuat komponen-komponen proses lain (pendekatan, strategi, metode, teknik, dan taktik). Oleh Karena itu, modul tentang model-model pembelajaran perlu dibuat untuk bahan materi perkuliahan pada matakuliah kelompok Proses Belajar Mengajar (MKPBM), utamanya untuk Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Bidang Studi (Fisika). Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Fisika adalah salah satu matakuliah yang ada pada kelompok MKPBM yang ada di Program Studi Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Jember. Matakuliah ini diberikan pada mahasiswa semester V dengan bobot satuan kredit semester 3. Semua Kompetensi yang ditargetkan pada matakuliah ini mengarah pada pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran utamanya untuk pembelajaran fisika sekolah menengah. Salah satu komponen yang perlu direncanakan adalah komponen proses pembelajaran. Dalam mengembangkan komponen proses mahasiswa harus paham dengan model-model pembelajaran agar mereka dapat menentukan model yang tepat atau sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Untuk itu, perlu bahan ajar atau modul yang dapat membantu mahasiswa untuk mempermudah dalam penentuan model pembelajaran. Oleh karena itu, penulisan modul ini perlu dilakukan agar dapat membantu mahasiswa dalam mencapai target pembelajaran di atas. Modul ini diberi judul “Model-model Pembelajaran dan Implementasinya dalam Pembelajaran Fisika”. Modul ini terdiri atas lima modul, yaitu Modul 1 tentang Komponen Proses dan Hakikat Model Pembelajaran, Modul 2 tentang Unsur-unsur dalam Model Pembelajaran, Modul 3 tentang Rumpun Model Pembelajaran, modul 4 tentang Ciri-ciri Model-model Pembelajaran, dan modul 5 tentang Azas-azas Memilih Model Pembelajaran.
Description: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS JEMBER FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JEMBER, JULI 2011
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10234
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Modul Indrawati.pdf2.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.