Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102248
Title: Standart Operational Procedure dan Peran Waiter di Hotel Royal n’ Lounge Jember
Authors: Wahyudi, Edy
ARIFIN, Zaenal
Keywords: STANDART OPERATIONAL PROCEDURE
WAITER DI HOTEL
HOTEL ROYAL N’ LOUNGE
Issue Date: 19-Jan-2019
Publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Abstract: Food and Beverage Service adalah bagian departemen di hotel yang bertugas dan bertanggung jawab untuk membersihkan dan memeriksa area makan atau restoran sebelum pelayanan pada pelanggan berlangsung sesuai dengan prosedur hotel dan fasilitas pelanggan sebelum pelayanan, mempersiapkan area yang nyaman secara rapih untuk pelayanan termasuk penyesuaian penerangan dan musik bila perlu, menyesuaikan dan menata meja kursi sesuai dengan persyaratan perusahaan atau permintaan pelanggan, memastikan kenyamanan rancangan perabotan dan keselamatan staf dan pelanggan, mempersiapkan dan memeriksa perlengkapan untuk pelayanan, selalu mencari informasi tentang variasi menu dengan cara selalu mengontak staf dapur. Dalam hal ini penulis melaksanakan praktek kerja nyata di Hotel Royal n’ Lounge Jember di departemen Food and Beverage di bagian Food and Beverage Service. Waktu pelaksanaan kegiatan praktek kerja nyata ini dilaksanakan oleh mahasiswa selama lima bulan. Jadwal pelaksanaan praktek kerja terhitung mulai tanggal 31 Desember 2017 sampai 31 Mei 2018 di Hotel Royal n’ Lounge Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata yaitu pengamatan, wawancara, dokumen, dan studi pustaka. Hotel Royal n’ Lounge Jember merupakan satu-satunya hotel di Kota Jember yang berkonsep minimalis, menjadikan hotel yang unik dan elegan. Royal Hotel Jember n’ Lounge Jember merupakan hotel berbintang tiga dengan lokasi hotel yang sangat strategis di pusat kota tabako yaitu Kota Jember. Hotel Royal n’ Lounge Jember tidak hanya menyediakan kamar tetapi juga menyediakan produk dan fasilitas-fasilitas seperti tipe kamar, accomodation, meeting room dan banquet, dining & entertainment, bluemoon swimming pool, 24 hours room service, car park Food and Beverage service merupakan bagian yang bertugas dalam hal jasa pelayanan makan dan minum untuk pelanggan yang tinggal di kamar hotel, kegiatan sehari-hari yang dilakukan yaitu: menyambut tamu pada saat datang, mempersilakan tamu duduk, menuangkan air putih, menawarka menu kepada tamu, menyajikan minuman, setelah itu menyajikan makanan, mengambil piring-piring kotor atau gelas-gelas kotor, menawarkan makanan penutup atau minuman yang lain, menagihkan bon atau tagihan kepada tamu, hingga mengucapkan terima kasih kepada tamu telah datang ke restoran dan mengharapkan tamu untuk datang kembali. Peran waiter dalam melayani tamu harus sesuai dengan Standart Operational Procedure, hal itu sangat penting bagi sebuah hotel kerena SOP menjelaskan tentang prosedur sebuah pekerjaan, sehingga dapat mempermudah waiter dalam bekerja, terutama dalam kinerja waiter yang memerlukan SOP dalam pekerjaannya. Dalam melayani tamu hotel peran waiter di Hotel Royal n’ Lounge Jember memiliki Standart Operational Procedure sendiri saat memulai pekerjaannya tahap demi tahap. Berikut merupakan upaya peran waiter dalam melayani tamu hotel di Hotel Royal n’ Lounge Jember, seperti greeter, taking order, food checker, runner, melengkapi equipment, menjalani pelatihan dari pihak dalam hotel, menjalani pelatihan di luar hotel, melakukan studi banding dengan hotel lain.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102248
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Social and Political Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Zaenal Arifin - 140903102023.pdf3.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.