Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102230
Title: Audit Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi dalam Rangka Memastikan Nilai dan Kepuasaan Pengguna Akhir Layanan TI Menggunakan Framework Cobit 5
Authors: ADNAN, Fahrobby
PRASETYO, Beny
FATMAWATI, Nadia Dwi
Keywords: FRAMEWORK COBIT 5
TATA KELOLA TI
AUDIT KAPABILITAS
Issue Date: 24-Jun-2020
Publisher: Fakultas Ilmu Komputer
Abstract: Audit Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi dalam Rangka Memastikan Nilai dan Kepuasan Pengguna Akhir Layanan TI Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus : Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Banyuwangi), Nadia Dwi Fatmawati, 162410101088; 392 HALAMAN; Fakultas Ilmu Komputer Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Banyuwangi merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berperan sebagai penyedia layanan TI untuk menunjang pelayanan publik setiap OPD di Banyuwangi. Pentingnya tata kelola yang baik merupakan langkah untuk mewujudkan layanan TI yang juga baik. Sebagai upaya untuk memastikan kinerja TI telah mendukung proses bisnis dan sesuai dengan tujuan instansi maka perlu dilakukan evaluasi tata kelola TI. Proses evaluasi TI pada penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 dengan stakeholder needs kesatu yaitu “How do I get value from the use of IT? Are end users satisfied with the quality of the IT service”. Hasil yang didapat dari evaluasi tata kelola TI ini berupa capability level dari pencapaian setiap proses yang selanjutnya akan dianalisa gapnya dengan level harapan yang ingin dicapai dan menghasilkan rekomendasi perbaikan tata Kelola TI untuk Diskominfo Kabupaten Banyuwangi. Tahapan awal yang dilakukan yaitu wawancara dengan stakeholder yaitu pihak Diskominfo Kabupaten Banyuwangi untuk menggali kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Proses selanjutnya yaitu menentukan tujuan audit dengan melakukan tahapan cascade stakeholder needs yang terdiri dari empat tahapan yaitu menentukan stakeholder needs yang sesuai dengan kebutuhan objek penelitian, menentukan enterprise goals, menentukan IT-related goals, dan menentukan enabler goals/process. Hasil cascade stakeholder needs kesatu “How do I get value from the use of IT? Are end users satisfied with the quality of the IT service” yaitu tujuh enterprise goals, tiga belas IT-related goals dan 37 enabler goals/process. Proses-proses yang telah diturunkan dari tahapan cascade stakeholder needs diperbolehkan untuk tidak digunakan sepenuhnya dikarenakan organisasi tidak menerapkan proses tersebut. Peneliti melakukan wawancara dengan menjelaskan 37 proses yang direkomendasikan dan memastikan proses apa saja yang diterapkan di Diskominfo Kabupaten Banyuwangi. Hasilnya sebanyak sembilan belas proses diterapkan, tujuh belas proses tidak diterapkan, dan satu proses tidak berkenan untuk dilakukan audit di Diskominfo Kabupaten Banyuwangi. Proses selanjutnya adalah menyusun instrument audit lalu melakukan asesmen dan pengumpulan bukti yang dilakukan di Diskominfo Kabupaten Banyuwangi pada 31 Desember 2019 sampai 6 Februari 2020. Hasil asesmen akan dihitung dan menghasilkan capability level yang selanjutnya akan dianalisa gapnya dengan level harapan untuk dijadikan dasar penyusunan rekomendasi. Berdasarkan hasil evaluasi tata Kelola TI dengan menggunakan COBIT 5, level kapabilitas dari ke sembilan belas proses yang dilakukan asesmen yaitu lima proses mendapatkan level 0(incomplete process), sebelas proses mendapatkan level 1(performed process), dan tiga proses mendapatkan level 2(managed process) dengan keseluruhan level harapannya adalah level 5(optimizing process).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102230
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nadia Dwi Fatmawati - 162410101088.pdf10.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools