Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/102097
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRAHMAWATI, Iis
dc.contributor.advisorKURNIAWATI, Dini
dc.contributor.authorPUTRI, Wan Sandra Clarista
dc.date.accessioned2020-11-23T02:45:29Z
dc.date.available2020-11-23T02:45:29Z
dc.date.issued2020-04-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102097
dc.description.abstractHIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang mengacaukan sistem kekebalan tubuh dari individu sehingga individu yang positif HIV tubuhnya tidak mampu bertahan melawan infeksi oportunistik. Kumpulan dari gejala penyakit dan berkurangnya pertahanan diri dikarenakan masuknya virus HIV didalam tubuh seseorang disebut dengan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) (Kementerian Kesehatan RI, 2014). HIV/AIDS bukan hanya menyerang pada orang dewasa tetapi juga pada menyerang anak-anak serta remaja. Remaja merupakan kelompok rentan penularan HIV/AIDS, dalam fase ini remaja mengalami perkembangan psikoseksual dan psikososial dimana remaja akan mulai mencari identitas, tertarik dengan lawan jenis, mencoba hal-hal baru dan memiliki kedekatan yang lebih kuat dengan teman sebaya dibanding keluarga (Asmuji & Indriyani, 2014). Kegagalan dalam proses perkembangan akan mengakibatkan remaja mudah dipengaruhi dan memiliki pergaulan yang bebas dan mengantarkan pada kegiatan menyimpang seperti seks bebas, tindak kriminal termasuk aborsi, narkoba, serta berkembangnya penyakit menular seksual (PMS) dalam hal ini HIV/AIDS. Penyimpangan perilaku pada remaja dapat dicegah dengan memberikan infirmasi dengan tepat mengenai HIV/AIDS, pemberian informasi atau pengetahuan dapat dilakukan di lingkungan sekolah oleh guru, orang tua, teman sebaya, media cetak atau media elektronik. Upaya untuk mengoptimalkan informasi agar tersampaikan kepada remaja, pemberian informasi haruslah disertai dengan media yang menarik. Metode biblioterapi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan, media yang digunakan dalam metode biblioterapi berupa media cetak seperti buku atau bahan bacaan yang bersifat suportif dan terapeutik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode biblioterapi terhadap pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan pendekatan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang remaja yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah purposive sampling.. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar kuesioner, yaitu kuesioner pengetahuan. Hasil penelitian menunjukan karakteristik responden di Wilayah Kerja Puskesmas Puger antara lain usia, jenis kelamin, dan sumber informasi tentang HIV/AIDS. Rata-rata usia dari responden adalah 16 tahun sebagian besar jenis kelamin pada penelitian ini adalah perempuan (53,3%) dan laki-laki (46,7%). Mayoritas dari responden mendapatkan informasi tentang HIV/AIDS melalui media elektronik yaitu sebesar 43,4%. Hasil uji wilcoxon pada kelompok intervensi didapatkan nilai p< 0,05 yaitu 0,001 dimana hal itu menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelompok intervensi. Sedangkan, hasil uji wilcoxon pada kelompok kontrol didapatkan nilai p<0,05 yaitu yaitu 0,044 walaupun terdapat perbedaan namun hal tersebut menunjukan perbedaan yang terjadi tidaklah sesignifikan antara pretest dan posttest pada kelompok intervensi. Hasil uji Mann Whitney antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi didapatkan hasil p=0,002 (p< 0,05) yang berarti terdapat pengaruh metode biblioterapi terhadap pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS di Wilayah Kerja Puskesmas Puger Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries162310101126;
dc.subjectBIBLIOTERAPI METHODen_US
dc.subjectHIV / AIDSen_US
dc.subjectKNOWLEDGEen_US
dc.subjectTEENAGERSen_US
dc.subjectMETODE BIBLIOTERAPIen_US
dc.subjectREMAJAen_US
dc.titlePengaruh Metode Biblioterapi terhadap Pengetahuan Remaja Tentang HIV dan Aids di Wilayah Kerja Puskesmas Puger Kabupaten Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi3101011
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wan Sandra Clarista Putri-162310101126.pdf-.pdf2.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools