Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101965
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTRAPSILASIWI, Dinawati-
dc.contributor.advisorYUDIANTO, Erfan-
dc.contributor.authorAGUSTININGTYAS, I’in Triana-
dc.date.accessioned2020-11-16T03:41:36Z-
dc.date.available2020-11-16T03:41:36Z-
dc.date.issued2020-03-21-
dc.identifier.nimNIM160210101027-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101965-
dc.description.abstractRepresentasi matematis merupakan kemampuan mengungkapkan ide atau gagasan dalam bentuk visual (diagram, grafik, gambar, tabel), persamaan atau ekspresi matematis, dan kata-kata atau teks tertulis yang digunakan peserta didik untuk menyelesaiakan masalah matematika. Untuk mengetahui kemampuan representasi siswa, digunakan soal-soal uraian agar siswa dapat mengembangkan kemampuan representasinya. Gaya kognitif peserta didik juga berkaitan dengan representasi matematisnya, karena struktur kognitif peserta didik dalam mengingat masalah dan menerima atau memproses informasi yang diperoleh saat pembelajaran akan berbeda-beda. Ketika peserta didik memiliki gaya kognitif yang berbeda, maka bentuk representasi yang digunakan untuk menyelesaiakan masalah matematika akan berbeda pula sesuai dengan konsep yang dipahami. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaiakan masalah matematika peserta didik Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes GEFT, soal tes representasi matematis, dan pedoman wawancara yang telah diuji kevalidannya. Instrumen yang divalidasi adalah soal tes kemampuan representasi matematis dan pedoman wawancara dengan rerata total untuk semua aspek (Va) berturut-turut 2,86 dan 2,75. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen tersebut telah dinyatakan valid, sedangkan lembar tes GEFT tidak dilakukan validasi karena telah divalidasi pada penelitian sebelumnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Jember dengan 29 peserta didik yang terdiri dari 10 peserta didik FD dan 19 peserta didik FI. Pengambilam data dibagi menjadi 2 kali pertemuan, yaitu dilakukan tes gaya kognitif dan tes representasi matematis kemudian dilakukan wawancara dengan memilih 4 peserta didik yang memiliki kecenderungan kesamaan representasi matematis yang ditampilkan dari setiap gaya kognitif yang dimiliki. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat tiga kategori kemampuan representasi matematis siswa FD yaitu sedang 60%, rendah 20% dan 20% sangat rendah kemudian, terdapat empat kategori untuk siswa FI yaitu sangat tinggi 10,53%, tinggi 15,79%, sedang 52,63%, dan rendah 21,05%. Dari presentase tersebut dapat diketahui bahwa skor maksimal yang diperoleh siswa FD masih tergolong pada kemampuan representasi matematis sedang dan skor maksimal yang diperoleh siswa FI tergolong pada kemampuan representasi matematis sangat tinggi. Dalam menyelesaiakan masalah, siswa FD cenderung menggunakan representasi matematis berupa ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis. Siswa FD belum mampu membuat model matematika dari permasalahan yang diberikan, representasi verbal yang digunakan berupa kesimpulan serta penjelasan langkah-langkah penyelesaian dari tes tulis yang sudah dikerjakan juga tidak dijawab dengan tepat. Selain itu, siswa FD juga belum mampu mensketsakan titik potong sumbu-X dan sumbu-Y dengan tepat serta tidak menggunakan tabel untuk memperjelas masalah sedangkan siswa FI dalam menyelesaikan masalah yang diberikan sudah melibatkan 3 indikator representasi matematis yaitu visual berupa sketsa titik potong sumbu-X dan sumbu-Y dan tabel untuk memperjelas masalah, model matematika yang digunakan juga ditulis dengan runtut serta representasi verbal yang digunakan berupa kesimpulan dan penjelasan langkah-langkah penyelesaian dari tes tulis juga dapat dijawab dengan baik menggunakan bahasanya sendiri. Selain itu, siswa FI juga dapat menyelesaikan soal menggunakan alternatif penyelesaian lain.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectRepresentasi Matematisen_US
dc.subjectGaya Kognitifen_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.titleKemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independenten_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematika-
dc.identifier.kodeprodi0210191-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I’in Triana Agustiningtyas - 160210101027.pdf2.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools