Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101956
Title: Perbandingan Kemampuan Empati dan Altruisme pada Mahasiswa Keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Jember
Authors: ASMANINGRUM, Nurfika
RIFAI, Ahmad
ALI, Haidar
Keywords: KEPERAWATAN PROFESIONAL
EMPATI
ALTRUISME
Issue Date: Jun-2020
Publisher: Fakultas Keperawatan
Abstract: Nilai profesional merupakan hal mendasar dalam praktik keperawatan. Berdasarkan nilai-nilai profesional keperawatan tersebut, altruisme adalah salah satu nilai penting yang menjadi aspek utama dalam faktor karatif caring. Altruisme membutuhkan respon emosional empati dalam melakukannya. Sehingga, empati dalam hal ini merupakan motivasi utama untuk mendorong perilaku altruisme. Nilai empati dan altruisme dapat diajarkan, dimodifikasi dan disampaikan secara langsung atau tidak langsung melalui pendidikan. Dalam pendidikan akan menyebabkan perbedaan pada pembentukan nilai empati dan altruisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan kemampuan empati dan altruisme pada mahasiswa keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan desain penelitian komparatif secara pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 213 responden. Jumlah populasi mahasiswa keperawatan tingkat akhir seluruh program studi di Fakultas Keperawatan Universitas Jember sebanyak 430. Pengambilan data menggunakan kuesiner Jefferson Scale of Physician Empathy – Nursing Student Version R untuk mengukur kemampuan empati dengan 16 item (α-Cronbach 0,887), yang memiliki indikator pengambilan perspektif, rasa peduli, pemahaman sudut pandang dan kuesioner skala altruisme dengan 39 item (α-Cronbach 0,925), yang memiliki indikator kognitif, afektif, dan tindakan. Analisis data menggunakan uji statistik kruskal wallis dengan tingkat signifikan 0,05. Penelitian ini telah dilakukan uji etik oleh komisi etik penelitian kesehatan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember dengan nomor: No. 778 / UN25.8 / KEPK / DKL / 2019. Kriteria inklusi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir seluruh program studi di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Kriteria eksklusi penelitian ini adalah responden yang tidak bersedia mengisi dan melengkapi kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empati mahasiswa Profesi Ners, S1, dan DIII memiliki nilai modus masing-masing sebesar 78, 90, 96, dan nilai median sebesar 89, 84,5, 81, sebagian besar responden berada mendekati batas atas posisi data, dengan nilai minimal dan maksimal yaitu 16 dan 112. Pada altruisme mahasiswa Profesi Ners, S1, dan DIII memiliki nilai modus masing-masing sebesar 143, 117, 117, dan nilai median sebesar 132, 129, 127, sebagian besar responden berada mendekati batas atas posisi data, dengan nilai minimal dan maksimal yaitu 39 dan 156. Hasil uji statistik menggunakan kruskal wallis diperoleh p value < α yaitu 0,008 < 0,05 yang berarti adanya perbedaan kemampuan empati dan diperoleh p value < α yaitu 0,628 > 0,05 yang berarti tidak adanya perbedaan kemampuan altruisme antar mahasiswa keperawatan tingkat akhir di setiap jenjang program pendidikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemampuan empati dan tidak terdapat perbedaan kemampuan altruisme pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir seluruh program studi di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Perbedaan beban SKS dan metode pembelajaran dapat menyebabkan adanya perbedaan kemampuan empati dan altruisme pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir seluruh program studi. Semakin banyak beban SKS dan metode pembelajaran yang bervariasi akan meningkatkan perbedaan kemampuan empati dan altruisme antar mahasiswa keperawatan tingkat akhir seluruh program studi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bahan ajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir seluruh program studi untuk meningkatkan kemampuan empati dan altruisme melalui pengembangan beban SKS dan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101956
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Haidar Ali-162310101277.pdf3.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools