Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101908
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik-
dc.contributor.advisorALFARISI, Ridho-
dc.contributor.authorADIANA, Purna Kreditya-
dc.date.accessioned2020-11-12T04:54:11Z-
dc.date.available2020-11-12T04:54:11Z-
dc.date.issued2020-04-14-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101908-
dc.description.abstractPembelajaran matematika fokus pada pemecahan permasalahan yang diaplikasikan dalam bentuk soal. Soal cerita mempunyai beberapa kelebihan, karena soal cerita yang digunakan biasanya menceritakan kasus keseharian yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Banyak faktor-faktor kesalahan yang mempengaruhi penyampaian materi matematika pada siswa, sehingga dalam penyampaiannya menjadi terhambat. Perlu adanya analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan geometri yang dapat membantu siswa dalam mengetahui letak kesalahannya. Analisis yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui berapa persentase masing-masing kesalahan serta faktor-fakor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang ditinjau dari level van Hiele yang meliputi level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor), serta menggunakan delapan kategori kesalahan menurut Watson yang meliputi data tidak tepat (inappropriat data/id), prosedur tidak tepat (innappropriate procedure/ip), data hilang (ommited data/od), kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc), konflik level respon (response level conflict/rlc), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um), masalah hirarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp), dan selain kategori di atas (above other/ao). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 05 Jember dengan melibatkan siswa kelas IV sebagai subjek. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu tes dan wawancara. Tes dilakukan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita. Sedangkan wawancara dilakukan untuk memperkuat informasi yang diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan persentase masing masing kesalahan menurut Teori Watson berdasarkan kemampuan geometri siswa pada level pre visualisasi adalah kesalahan data tidak tepat 4,08%, kesalahan prosedur tidak tepat 17,34%, kesalahan data hilang 20,40%, kesalahan kesimpulan hilang 29,59%, kesalahan konflik level respon 17,34%, kesalahan manipulasi tidak langsung 6,12%, kesalahan masalah hierarki keterampilan 2,04%, kesalahan selain ketujuh kategori di atas 3,06%. Persentase pada level 0 (visualisasi) meliputi kesalahan data tidak tepat 21,42%, kesalahan data hilang 7,14%, kesalahan kesimpulan hilang 64,28%, kesalahan manipulasi tidak langsung 7,14%, kesalahan prosedur tidak tepat, konflik level respon, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas 0%. Persentase pada level antara 0-1 meliputi kesalahan data tidak tepat 33,33%, kesalahan kesimpulan hilang 50%, kesalahan manipulasi tidak langsung 16,66%, kesalahan prosedur tidak tepat, data hilang, konflik level respon, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori di atas 0%. Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai materi bangun datar dan siswa kurang teliti pada saat menyelesaikan soal. Saran bagi peneliti selanjutnya jika pembelajaran di SD yang sedang diteliti masih banyak terjadi kesalahan, maka lebih ditekankan lagi pemahaman kepada siswa. Jika sudah tidak banyak bahkan tidak terjadi kesalahan pada siswa saat mengerjakan soal, maka pembelajarannya sudah baik dan harus dipertahankan.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160210204064;-
dc.subjectkeliling Dan luas persegi panjangen_US
dc.subjectluas persegi panjangen_US
dc.subjectteori watsonen_US
dc.subjectlevel Van Hieleen_US
dc.subjectsoal ceritaen_US
dc.subjectmatematikaen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Persegi Panjang Berdasarkan Teori Watson Ditinjau Dari Level Van Hiele Siswa Kelas IVen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi2102040-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Purna Kreditya Adiana - 160210204064.pdf-.pdf2.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools