Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101886
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | AGUSTININGSIH | - |
dc.contributor.advisor | MAHMUDI, Kendid | - |
dc.contributor.author | LESTARI, Avif Tri Asri | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-12T03:17:37Z | - |
dc.date.available | 2020-11-12T03:17:37Z | - |
dc.date.issued | 2020-04-30 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101886 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan IPA atau sains merupakan pendidikan yang pentimg pada era revolusi industri 4.0 dalam menghadapi dampak dari perkembangan IPA dan teknologi. Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan berpikir kritis, inovatif, dan kreatif dalam memecahkan masalah dengan baik. Untuk menunjang keberhasilan dalam mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik diperlukan pendekatan dan perangkat pembelajaran yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan era saat ini salah satunya yaitu Pendekatan Terpadu Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Selain pendekatan yang sesuai, perangkat pembelajaran juga diperlukan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik salah satunya yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kenyataan yang didapatkan dari hasil observasi ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran, guru tidak membuat LKPD sendiri dan masih menggunakan LKPD dari penerbit. LKPD yang digunakan saat ini juga memiliki isi yang lebih menekankan pada pertanyaan, pengisian soal tanpa menjelaskan bagaimana proses yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan jawaban dari pertanyaan yang masih berupa kegiatan yang kurang mengembangkan peserta didik untuk aktif, kreatif, dan inovatif. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKPD berbasis STEM dapat menumbuhkan inovasi, kreativitas, dan hasil belajar peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran di sekolah dasar. LKPD berbasis STEM sebagai penunjang perangkat pembelajaran yang belum mengarah dalam menumbuhkan inovasi dan kreativitas dalam memecahkan suatu permasalahan kehidipan sehari-hari layaknya seorang engineer. Berdasarkan uraian di atas menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis STEM dirasa tepat jika memfokuskan pada gaya gravitasi dan gaya gesek. Materi tersebut terdapat pada kelas IV semester dua dalam sub tema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku”. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui validitas LKPD berbasis STEM pada sub tema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku (pokok bahasan gaya gravitasi dan gaya gesek) untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar (2) menguji efektivitas LKPD berbasis STEM pada sub tema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku (pokok bahasan gaya gravitasi dan gaya gesek) untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (Research And Development). Subjek dalam uji coba ini adalah peserta didik SD IT Nurul Ilmi Jombang dan SD NU Padomasan Jember yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019-2020. Desain penelitian pengembangan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk. (dalam Trianto, 2017). Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate) namun dibatasi hingga tahap pengembangan karena keterbatasan dana dan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Hasil pengembangan dari LKPD berbasis STEM ini didapatkan hasil validitas LKPD berbasis STEM yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian dari validator ahli dan pengguna dinyatakan sangat valid. Persentase kevalidan validasi ahli sebesar 92,3% dan validasi pengguna sebesar 93,8%. Berdasarkan hasil uji coba dinyatakan efektif dilihasi dari hasil kompetensi peserta didik. Hasil kompetensi peserta didik menunjukkan di SD IT Nurul Ilmi Jombang rata-rata nilai N-gain sebesar 0,50 dengan kategori sedang dan di SD NU Padomasan Jember rata-rata nilai N-gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Sehingga LKPD berbasis STEM yang telah dikembangkan dan telah diuji efektif digunakan dalam pembelajaran | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 160210204075; | - |
dc.subject | Lkpd berbasis stem | en_US |
dc.subject | pokok bahasan | en_US |
dc.subject | gaya gravitasi | en_US |
dc.subject | gaya gesek | en_US |
dc.subject | Lkpd | en_US |
dc.title | Pengembangan Lkpd Berbasis Stem Pada Sub Tema Indahnya Persatuan Dan Kesatuan Negeriku (Pokok Bahasan Gaya Gravitasi Dan Gaya Gesek) Untuk Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | 2102040 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Avif Tri Asri Lestari - 160210204075.pdf-.pdf | 7.79 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools