Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101880
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUPRANOTO-
dc.contributor.advisorSUHARSONO, Agus-
dc.contributor.authorROHMAN, Moh. Abdul-
dc.date.accessioned2020-11-12T02:48:39Z-
dc.date.available2020-11-12T02:48:39Z-
dc.date.issued2020-03-10-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101880-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan menjelaskan hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja pegawai di Puskesmas Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Puskesmas Srengat merupakan salahsatu Puskesmas di Kabupaten Blitar yang berhasil memperoleh akreditasi Madya pada tahun 2017 dan meningkat menjadi Utama pada tahun 2019. Selanjutnya pada tahun 2019 Puskesmas Srengat menjadi salah satu dari dua Puskesmas yang menyediakan layanan pemeriksaan deteksi penyaktit TBC, dan menjadi satu-satunya Puskesmas yang dapat melayani tes HIV yang sebelumnya masyarakat harus melakukan pemeriksaan di RSUD Wlingi. Selain hal tersebut, kinerja Puskesmas Srengat ditunjukkan dari prestasi pegawainya yang memperoleh Juara 3 tingkat Provinsi pada tahun 2018 dan Juara Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Nasional pada tahun 2019. Tetapi dengan kondisi tersebut, beberapa pegawai menyatakan kurangnya perhatian atasan terkait kepuasan kerja pegawainya. Berdasarkan pendapat beberapa ahli menyatakan salahsatu faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pegawai adalah kepuasan kerja, sehingga perlu diketahui kondisi kepuasan kerja dan kinerja pegawai Puskesmas Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk rumusan masalah pertama dan kedua, dan asosiatif untuk rumusan masalah ketiga. Penentuan sampel dalam penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan keseluruhan subjek yang diteliti dan membuat kesimpulan tentang populasi, yakni seluruh pegawai yang berstatus ASN dan memiliki SK sebagai pegawai di Puskesmas Kecamatan Srengat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk menggambarkan variabel kepuasan kerja dan kinerja pegawai Puskesmas Kecamatan Srengat. Data yang telah diperoleh kemudian diuji kevalidannya melalui uji korelasi Product Moment menggunakan aplikasi SPSS 25, selanjutnya data yang dinyatakan valid disajikan dan dianalisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi untuk rumusan masalah pertama dan kedua, dan selanjutnya menggunakan rumus Rank Spearman untuk rumusan masalah ketiga. Hasil uji tersebut selanjutnya dibandingkan dengan analisis konkordansi Kendall W untuk kemudian diambil kesimpulan terkait hipotesis yang telah ditentukan. Hasil deskripsi variabel kepuasan kerja menunjukkan sebesar 88% pegawai Puskesmas Srengat tergolong puas dengan terdapatnya sebaran kategori pegawai yang memiliki kategori tidak puas, cenderung tidak puas, cukup puas, puas, dan sangat puas. Indikator yang memiliki frekuensi terendah adalah terkait kondisi operasional pekerjaan dan indikator yang memiliki frekuensi tertinggi adalah terkait supervisi atasan. Selanjutnya hasil deskripsi variabel kinerja pegawai menunjukkan sebesar 96% pegawai Puskesmas Srengat tergolong baik dengan terdapatnya sebaran kategori pegawai yang memiliki kategori kurang, baik, dan sangat baik. Indikator yang memiliki frekuensi tertinggi adalah terkait kemampuan menyesuaikan diri dengan proses dan kondisi pekerjaan serta kemampuan dalam bekerja, dan indikator yang memiliki frekuensi terendah adalah terkait jumlah pemberian layanan dan ketepatan kerja selama bekerja di Puskesmas. Teknik analisis menggunakan Rank Spearman menghasilkan angka hitung = 3.971 dan angka tabel = 2.011. Selanjutnya konkordansi Kendall W menghasilkan angka hitung = 73.367 dan angka tabel = 66.339, sehingga melalui kedua teknik penghitungan di atas menunjukkan nilai hitung > nilai tabel. Keputusan yang dapat diambil berdasarkan pertimbangan tersebut yakni menolak 𝐻0 dan menerima 𝐻𝑎. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja pegawai di Puskesmas Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar dan memperkuat teori yang dikemukakan oleh Sinambela (2016: 301) yang menyatakan bahwa “kepuasan kerja pegawai berhubungan erat dengan kinerja pegawai”.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Ilmu Administrasi Negara Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries160910201037;-
dc.subjectkepuasan kerjaen_US
dc.subjectkinerja pegawai puskesmasen_US
dc.subjectpuskesmasen_US
dc.subjectkinerja pegawaien_US
dc.titleKepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Puskesmas Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Job Satisfaction and Staff Performance of Public Health Centre Srengat Sub-District Blitar Regencyen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi9102010-
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Moh. Abdul Rohman-160910201037.pdf-.pdf6.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools