Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101875
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | WALUYO, Joko | - |
dc.contributor.advisor | PRIHATIN, Jekti | - |
dc.contributor.author | HERVIANTO, Candra Pratama | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-12T02:15:49Z | - |
dc.date.available | 2020-11-12T02:15:49Z | - |
dc.date.issued | 2020-07-24 | - |
dc.date.submitted | ||
dc.identifier.nim | NIM180220104002 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101875 | - |
dc.description.abstract | Pembelajaran abad 21 memiliki empat kompetensi yang dapat dikuasai siswa apabila siswa menggunakan buku ajar yang mampu memecahkan permasalahan sekitar. Namun, berdasarkan hasil angket guru menunjukkan bahwa buku yang digunakan oleh siswa kurang mampu mengoptimalkan kerja otak siswa. Salah satu cara mengoptimalkan kerja otak siswa adalah mengembangkan buku ajar menggunakan pendekatan brain-based learning. Pendekatan brainbased learning merupakan pendekatan yang berorientasi pada kerja otak siswa secara alamiah. Pendekatan ini dapat didukung dengan menggunakan permainan ular tangga dan question card. Penggunaan kedua permainan tersebut dapat membuat siswa mempelajari materi dengan cara yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan buku ajar dengan pendekatan brain-based learning disertai permainan ular tangga dan question card pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari 4 langkah yaitu define, design, develop, disseminate. Kevalidan buku ajar dinilai oleh 3 orang ahli dan 2 orang pengguna. Kepraktisan buku ajar diperoleh dari nilai uji rumpang, respon guru dan siswa, serta keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan buku ajar diperoleh dari hasil kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif berupa nilai pretest dan posttest. Uji coba skala terbatas dan skala kelas dilakukan di SMP IT Al-Ghozali Jember sedangkan pada tahap penyebaran dilaksanakan di 3 sekolah yaitu di SMPN 5 Jember, SMP Plus Darus Sholah Jember, dan SMPN 1 Tanggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan validasi buku ajar dengan pendekatan BBL oleh validator ahli sebesar 93,4 dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya, rata-rata penilaian validator pengguna sebesar 89,5 dengan kriteria sangat valid. Hasil tersebut menunjukkan bahwa buku ajar dengan pendekatan BBL termasuk dalam kategori sangat valid dan siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pada uji skala terbatas, uji kepraktisan menunjukkan ratarata nilai uji rumpang sebesar 81,6 dengan kriteria sangat mudah dan rata-rata nilai angket respon siswa sebesar 80,1 dengan kriteria praktis. Selanjutnya, data keefektifan diperoleh dari analisis N-gain secara berturut-turut sebesar 0,46 dan 0,58 dengan kriteria sedang. Selain itu, hasil kemampuan pemecahan masalah menunjukkan nilai rata-rata sebesar 73 dan 82 dengan kriteria baik. Pada uji skala kelas, kepraktisan diperoleh dari rata-rata nilai uji rumpang sebesar 79,1 dengan kriteria mudah, rata-rata nilai angket respon siswa sebesar 85,5 dengan kriteria sangat praktis, rata-rata nilai angket respon guru sebesar 92,5 dengan kriteria sangat praktis, dan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85,6 dengan kriteria sangat praktis. Data keefektifan berupa skor N-gain secara berturut-turut sebesar 0,48, 0,55, 0,62 dengan kriteria sedang. Selain itu, hasil kemampuan pemecahan masalah sebesar 70,5 dengan kriteria baik dan 84,1 dengan kriteria sangat baik. Proses penyebaran yang dilakukan di 3 sekolah menunjukkan hasil skor Ngain pada masing-masing sekolah tersebut. Pada SMPN 1 Tanggul secara berturut-turut sebesar 0,55 dan 0,58 dengan kriteria sedang. Pada SMPN 5 Jember secara berturut-turut sebesar 0,51 dan 0,58 dengan kriteria sedang. Pada SMP Plus Darus Sholah sebesar 0,55 dengan kriteria sedang. Selain itu, rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah di SMPN 1 Tanggul secara berturut-turut sebesar 74 dan 80,7 dengan kriteria baik. Pada SMPN 5 Jember secara berturutturut sebesar 71,6 dan 80,2 dengan kriteria baik serta yang terakhir pada SMP Plus Darus Sholah sebesar 78,6 dengan kriteria baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku ajar dengan pendekatan BBL telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Buku Ajar | en_US |
dc.subject | Brain-Based Learning | en_US |
dc.subject | Teori Belajar Kognitivistik | en_US |
dc.subject | Metode Pembelajaran | en_US |
dc.title | Pengembangan Buku Ajar dengan Pendekatan Brain-Based Learning Disertai Permainan Ular Tangga dan Question Card Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA di SMP | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Magister Pendidikan IPA | - |
dc.identifier.kodeprodi | 0220104 | - |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Candra Pratama Hervianto-180220104002.pdf | 4.31 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.