Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101844
Title: | Analisis Kesesuaian Muatan Pendidikan Karakter Dalam Buku Siswa Kelas III Berbasis K13 Tema Cuaca Dengan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Di SDN 3 Tegalharjo |
Authors: | FITRIYAH, Chumi Zahroul PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu HASANAH, Afifatul |
Keywords: | Pendidikan Karakter Buku Teks Pelajaran Sekolah Dasar |
Issue Date: | 6-Aug-2020 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penanaman nilai-nilai karakter dapat dilakukan melalui proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran dapat menggunakan bahan ajar sebagai sumber belajar siswa. Bahan ajar yang digunakan dalam kurikulum 2013 adalah bahan ajar cetak yang berupa buku ajar. Hal ini dikarenakan, buku ajar memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan pengetahuan anak dan nilai-nilai tertentu. Banyak permasalahan siswa tentang degradasi moral di masyarakat. Salah satunya adalah banyaknya tindakan kekerasan atau perundungan yang dilakukan siswa di sekolah. Masalah ini disebabkan karena hilangnya karakter pada seorang siswa. Karakter yang kuat pada siswa akan memberikan kemampuan untuk hidup dalam kedamaian serta terbebas dari tindakan yang tidak bermoral. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter sendiri dapat diajarkan kepada siswa melalui pembelajaran di kelas dengan menggunakan buku kurikulum 2013. Alasan peneliti memilih buku tersebut, karena buku tersebut terbitan Kemendikbud yang tentunya penyusunan buku sudah disesuaikan dengan standar dan mengandung lebih banyak nilai-nilai karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apa saja muatan pendidikan karakter pada buku siswa kelas III berbasis K13 tema cuaca?; (2) Bagaimanakah kesesuaian muatan pendidikan karakter dengan buku siswa kelas III berbasis K13 tema cuaca dengan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yakni instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu instrumen pedoman analisis buku siswa. Metode pengumpulan data menggunakan analisis isi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan dapat diambil kesimpulan bahwa muatan pendidikan karakter yang terdapat dalam buku siswa kelas III tema cuaca yaitu sangat sesuai dengan penguatan pendidikan karakter (PPK) yang terdiri dari nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai integritas, dan gotong royong dalam Permendikbud No 20 Tahun 2018. Kesesuian muatan pendidikan karakter dengan buku siswa kelas III tema cuaca sangat sesuai dengan kemunculan 71 dengan persentase sebesar 100%. Nilai karakter yang tertinggi 30 yaitu nilai gotong royong, hal ini sesuai dengan tema buku siswa yang dianalisis yaitu tema cuaca. Nilai gotong royong sesuai dengan tema cuaca karena nilai gotong royong mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama. Penyebaran nilai karakter tuntutan kurikulum sudah sesuai tetapi tidak merata. Nilai karakter yang tertinggi yaitu nilai gotong royong dengan persentase sebesar 42,25%. Nilai mandiri menunjukkan persentase (16,90%), sedangkan nilai nasionalis menunjukkan persentase (23,95%). Nilai integritas menunjukkan persentase (11,27%), sementara nilai religius menunjukkan persentase (5,63%) dengan predikat terendah dari yang lainnya. Saran yang didapat setelah melakukan penelitian, menemukan hasil dan pembahasan adalah (1) bagi guru, hendaknya guru diharapkan mempelajari dengan seksama buku siswa yang akan digunakan agar pembelajaran yang diberikan kepada siswa benar-benar mengembangkan nilai-nilai karakter sesuai dengan fokus karakter yang akan dikembangkan; (2) bagi penulis buku, diharapkan agar penulis memperhatikan/meninjau ulang nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan dalam buku sehingga nilai karakter tersebut dapat temuat secara seimbang dan merata; (3) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk menganalisis tema yang lain agar nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan dapat teridentifikasi secara jelas. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101844 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Afifatul Hasanah - 160210204071.pdf | 6.4 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools