Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101695
Title: | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Melalui Media Poster Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV Sdn Yosorati 02 Jember |
Authors: | Satrijono, Hari Kurniasih, Fitria Ayu Kusuma Ningrum, Friska |
Keywords: | Think Talk Write |
Issue Date: | 24-Apr-2020 |
Publisher: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember |
Abstract: | Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar perlu diberikan dengan mengkreasikan model pembelajaran yang tepat, sehingga siswa dapat memahami keterampilan berbahasa secara optimal. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa serta observasi yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa siswa masih kurang mampu dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasinya untuk menuangkan gagasannya ke dalam bentuk tulisan, sehingga siswa cenderung bingung tentang apa yang hendak ditulis dalam sebuah karangan khususnya puisi. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang tepat dan sesuai berdasarkan permasalahan yang ada, misalnya model pembelajaran kooperatif model Think Talk Write. Model pembelajaran Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang menghendaki terbentuknya belajar secara berkelompok dan dianggap lebih sesuai apabila digunakan untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa. Model pembelajaran ini memiliki tiga tahap dalam penerapannya. Tahap pertama yaitu Think, siswa diminta untuk menemukan dan mencatat ide pokok dari sebuah poster yang diterima. Selanjutnya guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa, setelah pembagian kelompok dilanjutkan dengan proses diskusi (Talk), siswa mendiskusikan ide pokok yang telah dicatatnya pada tahap Think bersama kelompoknya. Tahap ketiga yaitu Write, pada tahap ini siswa secara individu menuliskan hasil diskusinya yang berupa ide pokok dari sebuah poster ke dalam bentuk karya sastra puisi. Oleh karena itu, model pembelajaran Think Talk Write diharapkan dapat memberikan pengaruh positif pada keterampilan menulis karya sastra puisi siswa kelas IV SDN Yosorati 02 Jember. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101695 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Friska Ayu Kusuma Ningrum - #.pdf | 3.78 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools