Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101553
Title: Upaya Pemenuhan Hak Dalam Bidang Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Pada SMP Inklusi Taman Pendidikan dan Asuhan/ TPA Kabupaten Jember)
Authors: SIDIQ, Mahfudz
FIKRI, Rianfi Mardiansyah
Keywords: Pemenuhan Hak
Anak Berkebutuhan Khusus
Pendidikan Bagi Anak
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 130910301047;
Abstract: Setiap anak dilahirkan ke dunia dengan kondisi yang berbeda satu sama lain. Mereka tidak pernah tau dan tidak bisa memilih akan terlahir dari orang tua atau keluarga dengan kondisi yang seperti apa. Selain itu, mereka juga tidak tahu akan terlahir dengan fisik lengkap sempura atau dengan kondisi yang “istimewa”. Terlepas dari pemahaman tentang kehidupan anak-anak yang berbeda-beda, setiap anak harus terpenuhi hak-haknya. Salah satu haknya yaitu hak memperoleh pendidikan. Upaya pemenuhan hak dalam bidang pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus seperti yang dilakukan di SMP Inklusi TPA Kabupaten Jember. Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang diselenggarakan SMP Inklusi TPA Kabupaten Jember mampu membantu menumbuhkan dan mengembangkan kepribadian dan kemampuan serta keterempilan dalam melaksanakan peranan dan fungsi siswa siswi ABK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis secara mendalam tentang upaya pemenuhan hak dalam bidang pendidikan bagi ABK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu studi deskritptif. Penentuan informan dalam penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analis data menggunakan reduksi data, penyajian data, ferivikasi, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsaan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hak anak berkebutuhan khusus terpenuhi dengan baik secara adil di SMP Inklusi TPA Kabupaten Jember upayauapaya pemenuhan hak yang dilakukan meliputi hak memperoleh pembelajaran dan penilaian di kelas, hak menumbuh kembangkan bakat, minat, dan kemampuan, dan hak memperoleh kesempatan tampil atau berekspresi yang sama dengan siswa reguler. Adapun hak tersebut dipenuhi dengan upaya antara lain modifikasi kebjikan dn kurikulum sekolah, optimalisasi peran seluruh pihak sekolah, mengadakan kegiatan sekolah yang bersifat inklusif, dan melakukan evaluasi terhadap hail belajar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101553
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rianfi Mardiansyah Fikri-130910301047_.pdf2.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools