Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/101510
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSURATNO-
dc.contributor.advisorMURDIYAH, Siti-
dc.contributor.authorQUALIN, Sonalita Luciana-
dc.date.accessioned2020-11-02T03:37:17Z-
dc.date.available2020-11-02T03:37:17Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101510-
dc.description.abstractPenggunaan model dan metode yang kurang tepat dapat mempengaruhi pembelajaran di kelas, sehingga menyebabkan beberapa permasalahan di kelas. Permasalahan yang terjadi di kelas berdasarkan hasil ulangan sebelumnya mata pelajaran Biologi di Kelas XIC SMAU BPPT Darus Sholah Jember. Hasil ratarata kelas menunjukkan kelas XIC SMAU BPPT Darus Sholah Jember memiliki nilai rata-rata terendah dibandingkan kelas lainnya yaitu sebesar 72,9 dari 20 siswa. Jumlah siswa yang tuntas adalah 8 orang dengan persentase 40%, sedangkan untuk siswa yang tidak tuntas jumlahnya lebih banyak dibandingkan jumlah siswa yang tuntas yaitu 12 siswa dengan persentase 60%. Pada saat dilakukannya proses observasi, siswa termasuk dalam kriteria kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi menggunakan model pembelajaran Example non Example dengan Teknik Mind Mapping untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XIC pada materi sistem gerak di kelas XIC SMAU BPPT Darus Sholah Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Hopkins yang berbentuk spiral. Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (Planning), tindakan (action), pengamatan (obsevation) dan refleksi (reflection). Tahapan pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Demikian untuk siklus berikutnya sampai peningkatan diharapkan tercapai. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk ulangan harian akhir siklus.Jika pada siklus 1 hasil belajar biologi siswa tuntas, maka siklus 2 akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. rancangan pembelajaran yang diterapkan pada dasarnya hampir sama namun sudah ada perbaikan dari siklus sebelumnya. Pada penerapan model pembelajaran Example non Example dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek afektif maupun kognitif kelas XIC tahun pelajaran 2018-2019 pada materi “Sistem Gerak” di SMAU BPPT Darus Sholah Jember. Peningkatan hasil belajar kognitif terlihat dari rata-rata prasiklus 72,9 (40%), yang kemudian pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 75,35 (55%), dan peningkatan hasil belajar tertinggi terjadi dari prasiklus ke siklus II yaitu rata-ratanya sebesar 79,25 (80%). Pada penerapan model pembelajaran Example non Example dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sistem gerak di SMAU BPTT Darus Sholah Jember. Peningkatan Peningkatan hasil belajar afektif terlihat dari rata-rata prasiklus, sebesar 77,8%, rata-rata kelas sebesar 77,80. kemudian pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 82,9% , dari sebesar 82,94, sehingga terdapat peningkatan rata-rata kelas sebesar 5,14. Kesimpulan hasil penelitian yaitu : terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi menggunakan model pembelajaran Example Non Example dengan teknik Mind Mapping pada materi sistem gerak di kelas XIC SMAU BPPT Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2018/2019.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.relation.ispartofseries120210103097;-
dc.subjectExamples Non Examplesen_US
dc.subjectMind Mappingen_US
dc.subjectMeningkatkan Hasil Belajar Biologien_US
dc.subjectSistem Geraken_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Gerak (Siswa Kelas Xic SMAU Bppt Darus Sholah Jember)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SONALITA LUCIANA QAULIN - 120210103097_.pdf4.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools